Pangeran William luncurkan penghargaan lingkungan global

Pangeran William luncurkan penghargaan lingkungan global

Pangeran William di Peterborough, Inggris, 16 Juli 2020(Kirsty Wigglesworth/Pool via REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Pangeran William dari kerajaan Inggris akan meluncurkan penghargaan global untuk mengatasi sejumlah masalah besar seputar lingkungan di dunia.

Penghargaan Earthshot menawarkan hadiah senilai satu juta pounds setiap tahun untuk 10 tahun mendatang di bawah kategori melindungi dan memulihkan alam, udara bersih, membersihkan laut, mengurangi sampah dan perubahan iklim.

Nominasi-nominasi akan dibuka mulai 1 November mendatang dan upacara penghargaan pertama akan digelar pada musim gugur tahun depan.

William, cucu Ratu Elizabeth dan pewaris takhta urutan kedua, mengatakan perubahan dalam satu dekade mendatang sangat penting untuk membantu melindungi dan memperbaiki lingkungan.

"Pada 2030 kami sangat berharap membuat langkah besar dalam memperbaiki beberapa masalah terbesar yang dihadapi bumi," kata Pangeran William pada BBC Radio, Kamis.

Keluarga kerajaan Inggris telah menjadi juru kampanye yang aktif menyuarakan sejumlah masalah lingkungan, termasuk ayah William, Pangeran Charles, yang sudah berbicara selama beberapa dekade tentang dampak perubahan iklim dan pentingnya konservasi.

Istana Kensington mengatakan penghargaan itu akan menyediakan setidaknya 50 solusi untuk masalah lingkungan dunia pada 2030.

Dewan Penghargaan Earthshot akan dibentuk untuk memutuskan pemenang, dan dewan itu akan diisi orang-orang dari dunia lingkungan, filantropis, bisnis dan hiburan.

Proyek ini lebih dari 100 mitra di seluruh dunia yang mengajukan nominasi mulai 1 November. Penghargaan tahun 2021 akan digelar di London, lalu di kota-kota lainnya di dunia, demikian Reuters dikutip Kamis.

Baca juga: Pangeran WIlliam & Harry setuju patung Putri Diana dipasang pada 2021

Baca juga: Masa depan monarki Inggris bergantung pada William-Harry

Baca juga: Pangeran William ambil bagian dalam podcast kesehatan mental
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020