Via gerakan sejuta masker, PMI-Benihbaik.com salurkan APD ke faskes

Via gerakan sejuta masker, PMI-Benihbaik.com salurkan APD ke faskes

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla memberikan sertifikat apresiasi kepada  CEO dan Founder Benihbaik.com Andy F Noya atas upaya kemanusiaan yang dilakukan dalam membantu alat perlindungan diiri (APD) untuk tenaga kesehatan di sejumlah faskes. (FOTO ANTARA-HO-Humas PMI Pusat)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan lembaga sosial Benihbaik.com mendistribusikan alat pelindung diri (APD) ke fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di berbagai wiilayah di Indonesia dalam Gerakan Satu Juta Masker untuk masyarakat.

"Dalam penanganan pandemi COVID-19 tentunya masker masih sangat dibutuhkan masyarakat khususnya tenaga kesehatan. Kami pun mengapresiasi kepedulian benihbaik.com yang turut membantu pengadaan APD untuk faskes yang akan didistribusikan melalui jejaring relawan PMI," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla melalui webinar yang dipantau dari Sukabumi, Jawa Barat, Kamis.

Menurut dia  ada lebih dari 5 juta relawan PMI di seluruh Indonesia, bantuan apa pun yang diterima pihaknya akan kembali dan segera didistribusikan ke berbagai elemen masyarakat yang membutuhkan.

Jusuf Kalla menjelaskan pada akhir Februari 2020 PMI juga telah menerima bantuan satu juta masker yang dihimpun benihbaik.com melalui donasi publik dan hingga kini sebanyak 50 juta helai masker telah didistribusikan ke masyarakat di berbagai wilayah khususnya daerah berisiko tinggi COVID-19.

Sementara, CEO dan Founder Benihbaik.com Andy F Noya mengatakan dana yang terkumpul dari donasi mencapai Rp 1.762.172.521 dari 6.866 donatur dan yang telah tersalurkan Rp1,4 miliar di tahap pertama dan tahap kedua akan disalurkan sebesar Rp 269.778.889.

Adapun penerima dari bantuan berupa APD ini di antaranya PMI Deli Serdang, Sumatera Utara; Puskesmas Talun Kenas, Sumut; RSIA Kasih Ibu, Jawa Tengah; Dinas Kesehatan Kota Medan, Sumut; RS Rahman Rahim, Jawa Timur; RSU Keliat, Deli Serdang, Sumut; RS Intan Medika Lamongan, Jatim; RSUPM Tulung Agung, Jatim; RS Islam Masyitoh, Pasuruan, Jatim; serta RS Universitas Brawijaya, Malang, Jatim.

"Kami semua tentu ingin masker sebagai salah satu sarana pencegahan penularan COVID--19 bisa dimiliki semua orang. Sayangnya, keterbatasan dana dan akses menjadi kendala, maka dari itu kolaborasi dengan PMI tentu harus disambut baik," tambahnya.

Benihbaik.com dan PMI tentu tidak bekerja sendirian karena banyak perusahaan, badan usaha maupun perorangan yang secara aktif membantu mewujudkan tercapainya Gerakan Sejuta Masker untuk Indonesia, demikian Andy F Noya.

 Baca juga: PMI gaungkan pentingnya penggunaan masker cegah COVID-19

Baca juga: PMI imbau jurnalis batalkan wawancara jika narasumber lepas masker

Baca juga: Produksi ribuan masker, PMI-Bulan Sabit Merah Turki bekerja sama
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020