Menhub beri penghargaan Wali Kota Madiun terkait SDM perkeretaapian

Menhub beri penghargaan Wali Kota Madiun terkait SDM perkeretaapian

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyerahkan penghargaan atas Dukungan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) perkeretaapian dan fasilitas gedung Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) ke Wali Kota Madiun Maidi di aula PPI Kota Madiun, Kamis (8/10/2020). (Antara/Diskominfo Kota Madiun/ Lr)

Madiun (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penghargaan kepada Wali Kota Madiun dan Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) atas dukungan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang perkeretaapian.

Menhub Budi Karya Sumadi menyerahkan Penghargaan atas Dukungan Pengembangan SDM Perkeretaapian dan Fasilitas Gedung Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) tersebut kepada Wali Kota Madiun Maidi di Aula PPI Kota Madiun, Kamis.

Baca juga: LIPI: Perlu penguatan SDM-teknologi majukan perkeretaapian Indonesia

"Saya memberikan apresiasi terhadap apa yang dilakukan di PPI. Kolaborasi yang kuat antara dunia pendidikan dan industri ini menjadi kunci meningkatkan pembangunan di Indonesia" ujar Budi Karya Sumadi di sela penyerahan penghargaan itu.

Ia berharap beragam inovasi yang telah diciptakan oleh dosen maupun mahasiswa PPI, tidak berhenti sampai di prototipe saja. Tapi, juga bisa dikembangkan dan digunakan untuk meningkatkan kualitas industri perkeretaapian.

"Saya berharap produk yang dibuat di PPI dalam bentuk prototipe ini seperti yang saya sampaikan tadi jangan terbatas ada pembuatan prototipe saja. Namun juga harus dilakukan registrasi harus digunakan oleh industri," kata Menhub.

Baca juga: Pemerintah siapkan sumber daya manusia bidang perkeretaapian

Sementara, Wali Kota Madiun Maidi ingin agar dukungan yang diberikan Pemkot Madiun terhadap PPI dapat berkontribusi untuk negeri. Khususnya, kemajuan industri perkeretaapian Indonesia.

Ia juga berharap koordinasi dan sinergi antara Pemkot Madiun dan PPI dapat terus berjalan. Apalagi, Pemkot Madiun saat ini telah merancang beragam program dan kegiatan peningkatan wisata daerah.

"Dengan inovasi-inovasi dari PPI ini, diharapkan kolaborasi untuk peningkatan potensi wisata daerah di Kota Madiun semakin optimal," kata Maidi.

Baca juga: Menhub resmikan jalur ganda lintas selatan Jawa sepanjang 550 km

Pada kesempatan yang sama, Menhub juga menyerahkan penghargaan sebagai apresiasi atas inovasi dan penelitian di bidang teknologi perkeretaapian di Madiun kepada Direktur PPI Amirullah.

Selain memberikan penghargaan, Menhub juga meninjau sejumlah hasil karya lulusan PPI yang masih berupa prototipe yang memungkinkan untuk dikembangkan ke arah industri.

Baca juga: Jalur ganda KA Cirebon-Jombang sepanjang 550 km akhirnya tersambung

Penyerahan penghargaan kepada Wali Kota Madiun Maidi dan PPI Kota Madiun tersebut, juga dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Sugiharjo, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri.

Juga Stafsus Menhub Bidang Manajemen SDM dan Kehumasan Adhita Irawati, Dirut PT KAI Didiek Hartantyo, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Suharto, Kadishub Kota Madiun Harum Kusumawati dan Direktur PPI Kota Madiun Amirullah.

Baca juga: IDI Kota Madiun anjurkan cuci tangan minimal 20 detik di air mengalir
 
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020