COVID-19 mulai mewabah ke distrik pinggiran di Jayawijaya

COVID-19 mulai mewabah ke distrik pinggiran di Jayawijaya

Seorang anggota Polres Jayawijaya memasangkan masker kepada warga yang ditemui saat melakukan sosialisasi penggunaan masker ke masyarakat. ANTARA/HO-Humas Polda Papua/am.

Wamena, Papua (ANTARA) - Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Jayawijaya Provinsi Papua memastikan virus corona yang awalnya ditemukan pada masyarakat di pusat kota kini mulai mewabah ke masyarakat di distrik pinggiran.

Ketua Tim Gugus Penanganan COVID-19 Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Sabtu, pencarian terhadap warga distrik pinggiran yang melakukan kontak dengan pasien masih terus dilakukan.

Baca juga: Anggota DPRD positif, Tim COVID-19 Jayawijaya-Papua lacak sopir

"Dari hasil pencarian terhadap warga yang kontak langsung dengan pasien ini hasilnya positif dan hingga saat ini jumlah pasien yang dirawat mencapai 30 orang," katanya.

Jhon Banua mengatakan angka COVID-19 di Jayawijaya naik turun. Pernah berada pada angka 30 orang lalu turun menjadi 28 dan naik lagi menjadi 30 berdasarkan data terakhir.

Baca juga: Jayawijaya rawat pasien COVID dari kabupaten tetangga

Tim melakukan pencarian ke distrik di luar pusat ibu kota kabupaten sebab terjadi kontak antara pasien dengan masyarakat distrik.

"Pencarian tidak hanya dilakukan di Distrik Wamena (pusat kota kabupaten) tetapi mencari semua sampai ke distrik lain, misalnya Distrik Pugima," katanya.

Baca juga: Penderita COVID-19 di Jayawijaya menjadi nol

Bupati Jayawijaya ini memastikan kemungkinan jumlah pasien akan bertambah karena pihaknya masih terus melakukan pencarian terhadap masyarakat yang melakukan kontak dengan pasien-pasien.

"Kontak langsung antara satu pasien dengan masyarakat lainnya semua saling berkaitan sehingga mungkin masih ada tambahan karena situasi saat ini, kontaknya cukup banyak sekali," katanya.
Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020