Seoul (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping, melalui pesan ucapan selamat hari jadi partai berkuasa Korea Utara kepada Kim Jong Un, mengutarakan niatnya untuk memperkuat hubungan dengan Pyongyang, demikian dilaporkan media pemerintah Korut pada Sabtu.

"Kami berniat untuk mempertahankan, mengkonsolidasikan serta mengembangkan hubungan China-Korea bersama dengan rekan Korea dan mendukung perkembangan yang stabil dan berlangsung lama dari tujuan sosialis kedua negara," menurut Kantor Berita Korut KCNA, mengutip Presiden Xi.

Sabtu menandai hari jadi ke-75 tahun berdirinya Partai Buruh Korea berkuasa. Sejumlah acara diperkirakan akan menyuguhkan parade militer besar-besaran, yang mungkin menampilkan beberapa rudal balistik jarak jauh Korut untuk pertama kali sejak 2018.

Xi mengaku merasa "sangat senang" dengan pencapaian Korut dalam beberapa tahun belakangan ini melalui keterlibatannya dengan negara asing dalam menghadapi kesulitan serta tantangan, lapor KCNA.

Setelah melewati hubungan dingin selama bertahun-tahun, pada saat China bergabung dengan Amerika Serikat dan negara-negara lainnya dalam menjatuhkan sanksi terhadap Korut atas program senjata nuklir dan rudal balistik miliknya, Xi dan Kim bertemu lima kali selama 2018-2019.

Pergerakan-pergerakan diplomatik Korut mencakup pertemuan Kim dengan Presiden AS Donald Trump.

Saat Korut mengklaim tidak mencatat kasus terkonfirmasi COVID-19, penutupan perbatasan yang ketat serta penerapan langkah-langkah lain   untuk mencegah wabah semakin menekan ekonominya, yang sangat bergantung pada perdagangan dengan China.

Sumber: Reuters

Baca juga: Diplomat China akan kunjungi Korsel bahas soal Korut dan corona

Baca juga: Partai berkuasa Korut sebut AS tidak pantas kritik China

Baca juga: Korut dukung China terapkan UU keamanan di Hong Kong


 

Jokowi tekankan pentingnya kerja sama ASEAN - Korea 30 tahun ke depan


 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020