Sepekan, pemeriksaan diperketat selama PSBB hingga peta jalan vaksin

Sepekan, pemeriksaan diperketat selama PSBB hingga peta jalan vaksin

Hujan lebat yang mengguyur Pulau Ambon pada Sabtu, (3/10) malam telah menimbulkan sejumlah kerusakan akibat bencana banjir dan tanah longsor di berbagai kawasan, termasuk salah satu rumah warga di kawasan Karangpanjang, Kecamatan Sirimau yang mengalami musibah tanah longsor. ANTARA/Daniel Leonard

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan mulai dari pemeriksaan yang diperketat selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Lebak, Banten hingga peta jalan vaksinasi COVID-19.

1. Pemeriksaan di Lebak, Banten diperketat selama PSBB

Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak, Banten mengoptimalkan pos titik pemeriksaan untuk mengantisipasi kendaraan dari luar daerah yang hendak masuk ke wilayah tersebut selama masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Pengoptimalan titik pemeriksaan itu untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Lebak," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak Rusito di Lebak, Senin (5/10).

2. Ratusan rumah di Ambon terendam banjir

Hujan deras yang mengguyur kota Ambon, Maluku, pada Sabtu malam (3/10), membuat sejumlah kawasan di Ambon terendam banjir dan beberapa rumah hancur terbawa derasnya arus air.

Pemberian bantuan difokuskan untuk daerah yang paling parah terdampak banjir, seperti di kawasan Batu Merah.

3. Satgas TMMD bangun jalan kampung di perbatasan Papua

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan infrastruktur jalan, Satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) Ke-109 Kodim 1711/BVD terus mengerjakan pembangunan fisik pengecoran jalan sepanjang 460 meter di Kampung Kakuna Distrik Mindiptana, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Kampung Kakuna merupakan salah satu daerah terisolir yang berada di perbatasan Indonesia dengan Negara Papua Nugini.

4. Guru diminta berlomba-lomba menjadi teladan baik

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebdayaan Iwan Syahril mengatakan guru harus berlomba-lomba menjadi teladan yang baik dengan terus belajar.

"Terus belajar, berbagi dan berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan belajar pada masa pandemi ini," ujar Iwan dalam keterangannya di Jakarta, Senin (5/10).

5. Peta jalan vaksinasi COVID-19

Pemerintah mempersiapkan peta jalan vaksinasi COVID-19 dengan jumlah sasaran kelompok prioritas.

Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan bertahap dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin, tenaga kesehatan, serta sarana dan prasarana kesehatan.
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020