PT PP tuntaskan pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Merak-Bakauheni

PT PP tuntaskan pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Merak-Bakauheni

Acara peresmian penggunaan Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak–Bakauheni , Senin (12/10/2020). ANTARA/HO-PT PP

Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi nasional, menyelesaikan pembangunan proyek Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak–Bakauheni sehingga akan lebih memperlancar arus perjalanan kapal.

"Pelaksanaan pembangunan dermaga tersebut dapat diselesaikan tepat waktu oleh perseroan sesuai dengan yang ditargetkan.Dengan beroperasinya pelabuhan dermaga IV Merak-Bakauheni diharapkan dapat mengakomodir arus Natal dan Tahun Baru,” kata Direktur Operasi 2 PT PP M. Toha Fauzi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Proyek pembangunan dermaga tersebut diresmikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadiditandai dengan pengguntingan pita bunga seraca simbolis di Dermaga Merak, Banten pada hari Senin (12/10) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Baca juga: Sejumlah menteri luncurkan aplikasi Ferizy di Pelabuhan Merak

Acara peresmian tersebut turut dihadiri secara langsung oleh Direktur Utama PT ASDP (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo, Kapolda Banten Irjen. Pol. Drs. Fiandar, Walikota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi.

Dikatakan Fauzi, proyek pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak – Bakauheni dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan masa pelaksanaan proyek selama 365 hari.

Dermaga IV Merak memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Breasting Dolphin dan Panjang dermaga 120 meter. Sedangkan, Demaga IV Bakauheni memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Quay Wall dan panjang dermaga 150 meter.

Adapun ruang lingkup pekerjaan Dermaga IV Merak, antara lain pengerjaan struktur darat (preboring, pemancangan, inner boring, struktur beton, movable bridge dan hidropolik, perbaikan dermaga eksisting, rumah kontrol), pengerjaan struktur laut (preboring, pemancangan, inner boring, struktur
beton, fender dan bollard), dan pembongkaran dermaga eksisting.

Baca juga: Erick Thohir apresiasi pelayanan feri ASDP yang semakin baik

Sedangkan untuk lingkup pekerjaan Dermaga IV Bakauheni, antara lain pembongkaran dermaga eksisting, pengerjaan struktur dermaga (pemancangan SPP & SPSP, tie wire, struktur beton dermaga, fender & bollard, rumah kontrol, mekanikal & elektrikal), pengerjaan struktur movable bridge dan sideramp, pekerjaan timbunan dan rigid pavement, serta pengerukan area kolam dermaga.

Budi Setiyadi berharap dengan pengoperasian dermaga tersebut dapat membantu tugasnya untuk menata penyeberangan yang gemuk atas permintaan Menteri Perhubungan.

“Dengan pengoperasian dermaga ini maka akan terjadi penambahan 20 trip dari 140 menjadi 160 trip dalam satu hari dimana 1.500 kendaraan bisa terangkut perharinya. Saya berharap ini akan menjadi kebanggaan semua, karena selama 18 tahun dikelola oleh swasta, Dermaga IV ini tidak ada kemajuan,” kata Budi.
Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020