Jayapura (ANTARA) - Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, Yusak Toto Krido Saksono mengatakan hingga kini pihaknya masih terus gencar menyosialisasikan protokol kesehatan 3 M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak di wilayahnya.

Ketika di Konfirmasi dari Jayapura, Senin, Yusak menyebutkan sosialisasi mengenai 3 M yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker masih terus dilaksanakan, bukan hanya dari Dinas Kesehatan saja tetapi semua Satgas COVID-19 Tolikara yang terdiri dari TNI/Polri dan KNPI.

Dia melanjutkan, sejumlah titik-titik tertentu sudah dipasang tangki air untuk masyarakat cuci tangan. Masker juga sudah dibagikan kepada masyarakat oleh TNI/Polri, pembagian masker oleh TNI dilakukan pada HUT TNI, 5 Oktober 2020 lalu.

Baca juga: RS Tolikara siapkan tiga ruang isolasi untuk pasien COVID-19

"Kita dapat bantuan masker sebanyak 15 ribu masker dari BNPB Provinsi Papua dan itu sudah dibagikan semua kepada masyarakat," kata Yusak yang juga Asisten II Sekda Kabupaten Tolikara ini.

Menurut dia, kendala yang dihadapi adalah karena di Tolikara belum terjadi kasus kematian akibat virus corona walaupun ada 26 kasus COVID-19 tetapi sudah dinyatakan sembuh, sehingga masyarakat tidak menggubris tentang kerumunan.

"Jadi, untuk menjaga jarak ini kita masih belum bisa mengatur masyarakat dan juga tenaga kesehatan dan lainnya, hingga masih terus berupaya menyampaikan agar masyarakat menjaga jarak," ujarnya.

Tetapi terkait bermasker dan mencuci tangan sudah dilakukan, sebagian besar tempat cuci tangan sudah disiapkan di sejumlah titik. Tetapi yang masih sulit untuk diantisipasi yaitu terkait kerumunan, masyarakat melakukan aktivitas seperti biasa, tidak menghiraukan kerumunan.

Selain itu, tambah dia, walaupun masker sudah dibagikan kepada masyarakat tetapi hanya sebagian masyarakat yang menggunakan masker, sebagiannya tidak menggunakan masker. Meski demikian, pihaknya terus menerus menyosialisasikan terkait pentingnya protokol kesehatan COVID-19 terutama terkait 3 M.

Baca juga: Pemkot Jakut libatkan Dasa Wisma sosialisasi penggunaan masker
Baca juga: Garuda: Desain masker di pesawat bagian sosialisasi protokol kesehatan

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020