15.000 tentara Jerman siap bantu perang melawan pandemi

15.000 tentara Jerman siap bantu perang melawan pandemi

Dokumentasi - Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron menggunakan masker saat bersiap untuk konferensi pers setelah pertemuan di Fort de Bregancon, di Bormes-les-Mimosas, Prancis, (20/8/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Christophe Simon/Pool/aa.

Berlin (ANTARA) - Jerman akan mengerahkan hingga 15.000 tentara untuk memperkuat otoritas sipil yang semakin gencar melawan lonjakan kasus COVID-19, yang menyentuh angka tertinggi sejak April, menurut Kementerian Pertahanan pada Senin.

Jerman berhasil menekan pandemi lebih banyak dibanding negara tetangga dan jumlah kematian COVID-19 di Jerman juga masih lebih rendah. Namun pekan lalu jumlah kasus baru harian menyentuh angka 4.000, dengan lonjakan kasus terjadi di kota besar seperti Berlin dan Frankfurt.

Pemerintah memperingatkan situasi yang semakin tak terkendali saat staf setempat yang bertugas melacak kontak orang-orang terinfeksi melalui telepon jumlahnya berkurang akibat bertambahnya jumlah kasus.

Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan, sekitar 1.300 tentara telah mendukung pemerintah sipil dan Bundeswahr (militer Jerman) siap mengerahkan hingga 15.000 tentara jika diperlukan.

Kementerian telah menerima 1.000 permintaan bantuan dari otoritas setempat.

Sumber: Reuters

Baca juga: Merkel sebut Jerman akan perketat pembatasan COVID-19
Baca juga: Jerman nyatakan daerah di 11 negara Eropa berisiko tinggi COVID-19
Baca juga: Jerman catat 1.430 infeksi baru corona dalam 24 jam
Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020