Kemenhub alokasikan Rp62 miliar bangun terminal megah di Garut

Kemenhub alokasikan Rp62 miliar bangun terminal megah di Garut

Suasana Terminal Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Kementerian Perhubungan mengalokasikan anggaran sebesar Rp62 miliar untuk membangun Terminal Tipe A bertaraf nasional di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang akan terlihat megah.

"Anggaran ke Garut untuk pembangunan terminal Rp62 miliar, dan nanti bertahap, lengkap segala-segalanya sehingga menjadi tempat representatif, menjadi terminal unggulan tingkat nasional," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman saat menghadiri acara monitoring dan evaluasi pembangunan daerah di Markas Kodim 0611 Garut, Selasa.

Ia menuturkan status terminal saat ini dibagi tiga kewenangan yakni Terminal Tipe A oleh pemerintah pusat, kemudian Tipe B oleh pemerintah provinsi, dan Tipe C oleh pemerintah kabupaten, untuk di Garut saat ini Terminal Tipe A sedang dibangun dengan anggarannya dari pemerintah pusat.

Baca juga: Kemenhub janji segera renovasi Terminal Bobotsari Purbalingga

Selama ini, kata dia, pembangunan Terminal Tipe A Guntur, Kabupaten Garut, sedang dalam tahap pengerjaan dengan anggaran yang sudah dihabiskan sebesar Rp25 miliar, sisanya pembangunan dilakukan secara bertahap.

"Sekarang yang sudah berlangsung dan dikerjakan sebesar Rp24 miliar, totalnya Rp62 miliar, nanti hasilnya di sana itu ada tempat istirahat, sejenis hotel, pusat perdagangan dan sebagainya," kata Suherman.

Ia mengungkapkan, Pemkab Garut tentunya bersyukur telah mendapatkan program pembangunan terminal bertaraf nasional yang akan memberikan rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat saat mau pergi ke luar kota maupun datang ke Garut.

Baca juga: Kemenhub segera kenakan denda atas truk ODOL

Selama pembangunan terminal, kata dia, kegiatan angkutan bus antarkota maupun antarprovinsi di Terminal Guntur Garut masih tetap berjalan normal dengan melakukan pelayanan di luar terminal.

"Bus tetap beroperasi, masih tetap berjalan, tetapi tidak menggunakan terminal, tapi di pinggir jalan," katanya.

Ia menambahkan, kondisi terminal di Garut Tipe B maupun Tipe C masih membutuhkan perbaikan untuk kenyamanan masyarakat saat memanfaatkan jasa angkutan umum.

Menurut dia, Terminal Tipe B sementara belum dilakukan pembangunan, sementara yang Tipe C dari 12 terminal hanya Terminal Guntur yang kondisinya bagus atau layak.

"Tipe C di Garut ada 12, yang layaknya hanya Terminal Guntur saja," katanya.
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020