Penerima barang kini tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengambil barang kirimannya. Sekarang cukup tunggu di rumah dan barang akan diantarkan
Cirebon (ANTARA) - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat Luqman Arif mengatakan layanan jasa pengiriman barang melalui Rail Expres, mulai saat ini bisa sampai alamat akhir penerima barang atau tujuan.

"Penerima barang kini tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengambil barang kirimannya. Sekarang cukup tunggu di rumah dan barang akan diantarkan," kata Luqman di Cirebon, Selasa.

Luqman mengatakan layanan tersebut tersedia setelah PT Kereta Api Indonesia bekerja sama dengan PT Blue Bird untuk memberikan layanan "Last Mile" atau transportasi lanjutan untuk pelanggan Rail Expres.

Dia menjelaskan bahwa kerja sama dengan Blue Bird akan menawarkan kemudahan ekstra kepada pelanggan yang menggunakan layanan Rail Expres untuk mengirim barang.

Masyarakat Cirebon dan sekitarnya saat mengantarkan barang ke Loket Rail Expres stasiun keberangkatan akan mendapatkan pilihan layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir pengiriman dengan armada Bluebird.

"Pada tahap awal, layanan logistik dari KAI dan Bluebird melayani untuk pengiriman dari Cirebon menuju ke 4 wilayah, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya," ujarnya.

Di wilayah Daop 3 Cirebon, layanan Rail Expres saat ini tersedia di tiga stasiun, yaitu Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan dan Jatibarang.

Pada November, diprogramkan akan ada dua Stasiun lagi di Daop 3 yang akan melayani layanan Rail Exspres, Yaitu Stasiun Haurgeulis dan Brebes.

Untuk tarif, Rail Express, kata Luqman, menetapkan harga per satuan kilogram dan per tujuan, di mana pengiriman barang dapat dilayani di seluruh wilayah rel kereta api di Pulau Jawa.

"Adapun tarif dalam pelayanan Rail Expres dipastikan yang termurah dibanding tarif ekspedisi lain dengan waktu pengiriman relatif lebih cepat dan aman," katanya.

Baca juga: Tingkatkan keselamatan, KAI Cirebon tutup 14 perlintasan sebidang

Baca juga: KAI Cirebon: 40 kecelakaan terjadi sepanjang Januari-September 2020

Baca juga: KAI Cirebon: Sampai saat ini perjalanan KA ke Jakarta belum berubah

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020