Personel kapal perang dari Kolinlamil ikuti rapid test COVID-19

Personel kapal perang dari Kolinlamil ikuti rapid test COVID-19

Sejumlah personel kapal perang dari jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) tengah melakukan tes cepat (Rapid Test) untuk mencegah penularan Covid-19, di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Rabu (14/10/2020). ANTARA/HO-Dispen Kolinlamil/am.

Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah personel kapal perang dari jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti tes cepat atau rapid test Covid-19 di Tank Deck KRI, Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu.
 
Personel KRI yang menjalani tes cepat COVID-19 berasal dari KRI Amboina 503 dan KRI Teluk Hading 538.
 
Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, dalam siaran persnya Rabu, mengungkapkan rapid test yang digelarnya itu untuk memutus rantai penularan COVID-19.
 
"Pengawasan terhadap kepatuhan akan pelaksanaan protokol kesehatan dalam memasuki normal baru merupakan hal yang sangat penting pada alur proses pandemi ini," kata Irwan.
Apalagi, lanjut dia, prajurit KRI membutuhkan kondisi fisik yang prima dan bebas dari virus agar dapat menjalankan tugas secara aman.
 
Komandan KRI Amboina 503 Letkol Laut (P) Agus Yunianto mengatakan penyelenggaraan rapid test ini tidak lepas dari kondisi secara nasional yang masih dalam rangka pencegahan penanggulangan pandemi COVID-19.
 
"Ini juga merupakan implementasi dari arahan pimpinan TNI AL tentang pola screening secara berkala dan transparan terhadap seluruh prajurit TNI AL," ujarnya.
 
Dalam penanganan pandemi COVID-19 ini, kata Agus, harus dijalankan secara seimbang melalui rapid test dan swab test.
 
Hasil yang didapat dari rapid test di KRI Amboina 503 itu rata-rata non reaktif. Namun, bila ada indikasi reaktif maka akan dilakukan pendalaman dan penanganan lanjutan di RSAL Mintohardjo untuk memastikan adanya infeksi virus COVID-19.
 
"Begitupun para prajurit KRI Teluk Hading yang siap menunggu perintah operasi bebas dari COVID-19," ujarnya.
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020