Anggota DPR: Penanganan konflik di Papua harus dilakukan sinergis

Anggota DPR: Penanganan konflik di Papua harus dilakukan sinergis

Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas saat berbincang dengan Wakil Kapolda Papua Brigjen Pol Matius D Fakhiri, Rabu. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Yan Permanes Mandenas menilai penanganan konflik di Papua harus dilakukan secara sinergis antara TNI-Polri dan melibatkan pemerintah daerah serta masyarakat setempat.

"Khusus di Intan Jaya dan Nduga , Wakapolda menyampaikan telah turun langsung ke Intan Jaya, dalam menyikapi sejumlah aksi teror yang dilakukan kelompok masyarakat di sana," kata Yan Mandenas dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakannya saat mengunjungi Polda Papua dalam masa resesnya, Rabu. Dalam kunjungannya tersebut, Yan Mandenas diterima langsung Wakapolda Papua, Brigjen Pol Matius D Fakhiri beserta jajarannya.

Baca juga: Anggota DPR Yan Mandenas ketemu Wakapolda Papua bahas isu kekinian

Dia berharap, kebijakan aparat keamanan dalam menciptakan rasa aman dan kondusif secara menyeluruh di Tanah Papua diharapkannya menjadi prioritas penting.

Menurut dia, tugas pokok Polri dan TNI adalah mendukung pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat, agar tercipta rasa aman, nyaman dan kondusif sehingga diharapkan perlu dilakukan bersama.

"Pelaku-pelaku kriminal harus ditangkap dan diproses hukum sesuai dengan perbuatan mereka sehingga masyarakat bisa kembali hidup aman dan tenteram serta pemerintahan bisa berjalan untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," ujarnya.

Baca juga: JK: Pada dasarnya, semua konflik bisa diselesaikan dengan damai
Baca juga: Anggota DPR: TNI-Polri harus hentikan konflik di Intan Jaya
Baca juga: Anggota DPR minta KSAD fasilitasi penyelesain konflik di Papua

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020