Tsunoda akan jalani debut tes F1 bersama tim AlphaTauri di Imola

Tsunoda akan jalani debut tes F1 bersama tim AlphaTauri di Imola

Pebalap tim AlphaTauri Daniil Kvyat di sesi latihan Grand Prix Rusia, Sochi Autodrom. (25/9/2020) Bryn Lennon/Pool via Reuters

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Jepang Yuki Tsunoda akan debut mengendarai mobil Formula 1 dengan menjalani sesi tes bersama tim AlphaTauri di Sirkuit Imola, Italia, bulan depan.

Tsunoda, yang saat ini berada di peringkat tiga klasemen Formula 2, akan mengendarai mobil Toro Rosso tahun 2018, versi terkini yang diperbolehkan regulasi, pada 4 November setelah Grand Prix Emilia Romagna di sirkuit tersebut.

Pebalap berusia 20 tahun yang didukung oleh Honda itu menjadi salah satu kandidat untuk membalap di AlphaTauri tahun depan dan tes sepanjang 300km itu menjadi syarat baginya untuk bisa ambil bagian di sesi latihan bebas di Formula 1.

Tsunoda juga telah melakukan pengukuran bangku di pabrikan tim di Feanza, Italia.

Baca juga: Kepergian Honda tak pengaruhi kontrak Verstappen di Red Bull

Baca juga: Formula 1 hadapi pertanyaan fundamental setelah Honda hengkang


AlphaTahuri mengatakan bahwa susunan pebalap mereka untuk 2021 akan berdasarkan talenta, terlepas dari rencana Honda yang akan hengkang sebagai pemasok mesin di F1 setelah musim 2021 usai.

Tim junior milik Red Bull itu kini diperkuat oleh pebalap Prancis Pierre Gasly dan Daniil Kvyat dari Rusia.

"Seorang pebalap datang ke AlphaTauri karena kesuksesan olahraganya. Ini tidak ada kaitannya dengan apakah Honda akan lanjut atau tudak," kata bos tim Franz Tost kepada Formula 1 tv seperti dikutip Reuters.

"Yuki Tsunoda menjalani tugas yang fantastis di F2, dia memenangi dua balapan - satu di Spa, satu di Silverstone dan di Austria di kondisi basah dia memimpin lomba untuk waktu yang lama dan karena masalah radio, dia finis kedua.

"Dia memiliki kecepatan yang alami, dia memiliki kecakapan dan yang lainnya, kami akan lihat."

Bos Tsunoda di F2, Trevor Carlin kepada Reuters mengatakan bahwa dia melihat sang pebalap Jepang cocok untuk membalap bersama AlphaTauri.

Baca juga: CEO Daimler tetap berkomitmen di F1, berupaya memangkas biaya

Baca juga: Abu Dhabi kesempatan terakhir debut latihan Schumacher di F1
Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020