Jakarta (ANTARA) - Lagu "Untukmu Indonesia" sempat viral lantaran dinyanyikan oleh para mahasiswa dari berbagai negara, sebagai pemilik lagu dan penyanyi asli Bernard Dinata pun berbagi cerita.

Beberapa waktu lalu sejumlah pejabat dan artis seperti Bambang Soesatyo, Ganjar Pranowo hingga aktor Darius Sinathrya ikut mengunggah video lagu "Untukmu Indonesia" melalui laman Instagram.

Lagu ini dinyanyikan oleh para mahasiswa Berklee College of Music, Amerika yang terdiri dari beberapa negara menggunakan bahasa Indonesia.

Lagu "Untukmu Indonesia" sendiri dibuat Bernard Dinata untuk menghibur dan memberi semangat masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona.

Saat itu, Bernard tengah berada di Amerika Serikat menjalani semester akhirnya di Berklee College of Music. Pandemi pun membuat Bernard rindu untuk bertemu dengan keluarga dan Tanah Air.

"Ingin sekali rasanya hati ini dapat berbuat sesuatu. Ingin berbagi rasa, berdoa atau apapun yang dapat memberikan semangat juang dan menguatkan hati keluarga dan teman-teman di Indonesia," kata Bernard melalui keterangan resminya, Sabtu.

Bernard mengatakan sempat menghubungi Abram Lembono, teman kuliahnya yang juga berasal dari Indonesia dan mengutarakan niat untuk membuat lagu serta videonya.

Ide Bernard disambut baik oleh teman-temannya yang lain. Dia bersama Abram kemudian mulai menggarap lagu "Untukmu Indonesia" pada 26 Maret 2020 dan selesai empat bulan kemudian.

​​​​​​​Bernard tidak menyangka "Untukmu Indonesia" mendapat sambutan yang luar biasa, khususnya masyarakat Tanah Air. Dia pun berharap lagu ini bisa menjadi penyemangat untuk menghadapi pandemi.

"Siapapun dan di manapun kita berada, cinta kasih adalah sesuatu yang dapat diberikan dan dinikmati oleh sesama. Kami ingin menyampaikan kepada Indonesia untuk tetap teguh dan tegar dan jangan hilang harapan di dalam menghadapi cobaan ini. Mari kita kalahkan pandemi ini bersama," ujar Bernard.

Sementara itu, Bernard juga mengatakan jika dalam waktu dekat akan merilis karya baru berupa album perdana yang berisi 12 lagu.

"Album ini menyampaikan sisi lain dari arti cinta. Juga seperti kumpulan cerita di kehidupan saya dan rencana akan dirilis setiap bulannya di mulai dari 13 November 2020," kata Bernard.


Baca juga: Rino & HNATA rilis lagu kolaborasi "Sanity"

Baca juga: Grace curahkan pengalaman pribadi di lagu "Pause"

Baca juga: Atsuki rilis lagu debut "Sampai Hati"
​​​​​​​


Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020