Kami panitia akan mendesain bentuk acara peresmian secara virtual ...
Jakarta (ANTARA) - Persemian venue PON Papua bakal dilangsungkan secara virtual pada 20 Oktober sehubungan dengan tak adanya izin keramaian dari kepolisian daerah (polda).

Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw mengatakan pemerintah pusat dan daerah saat ini sedang berupaya menurunkan jumlah kasus infeksi COVID-19 sehingga agenda peresmian venue PON oleh Gubernur Lukas Enembe diminta untuk tak digelar secara langsung.

“Kami semua mendukung kegiatan ini, tetapi saat ini kita sedang menghadapi pandemi COVID-19,” kata Paulus dalam laman resmi PON dikutip Sabtu.

Baca juga: Laga Persipura vs PON Papua tandai peresmian Stadion Lukas Enembe

Paulus mengatakan Polda masih menunggu bagaimana agenda peresmian yang akan dilakukan secara virtual oleh penyelenggara nanti.

Peresmian venue PON awalnya akan ditandai dengan laga uji coba antara Persipura Jayapura dan tim sepak bola PON Papua. PB PON memprediksi peresmian nanti bakal dihadiri ribuan peserta. Namun seluruh peserta yang hadir harus memiliki surat keterangan terbebas dari COVID-19.

Selain sebagai tanda peresmian, laga tersebut juga sekaligus merupakan uji coba kelayakan stadion Papua Bangkit yang bakal digunakan selama PON, termasuk kualitas pencahayaan, rumput, tata suara dan papan skor yang didatangkan dari luar negeri.

Tak hanya itu, panitia bahkan telah berencana untuk melibatkan 1.500 relawan dalam penyelenggaraannya nanti.

Namun, Polda Papua ternyata tak kunjung mengeluarkan surat izin keramaian terkait event peresmian stadion Papua Bangkit dan venue lainnya.

Baca juga: PLN jamin keamanan pasokan listrik selama PON Papua 2021

Ketua Harian PB PON Yunus Wonda mengatakan pihaknya menerima arahan tersebut. Peresmian secara virtual menurutnya tak masalah karena panitia sebelumnya pun sudah menyiapkan rencana alternatif seandainya kegiatan secara langsung tak memungkinkan dilakukan.

“Kami panitia akan mendesain bentuk acara peresmian secara virtual, panitia juga sudah punya kegiatan acara plan A dan B, dan tentu akan kita koordinasikan lagi dengan Polda Papua,” kata Yunus.

Sejumlah venue PON XX Papua 2021 telah rampung dan siap untuk diresmikan. Venue tersebut antara lain Lapangan Menembak Indoor di Stadion Lukas Enembe, Lapangan Menembak Outdoor dan Lapangan Baseball di Auri Lanud Silas Papare, GOR Voli dan Lapapangan Voli Pasir di Koya Koso, Lapangan Tenis di Kompleks Kantor Walikota Jayapura, dan GOR Futsal di Timika.

Baca juga: Papua daftarkan venue bola voli PON 2021 masuk rekor MURI
Baca juga: Arena akuatik PON Papua penuhi standar FINA


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020