Dalam solidaritas dengan para guru, Negara akan bereaksi dengan ketegasan terkuat agar Republik dan warganya hidup, bebas! Kita tidak akan pernah menyerah. Tidak akan pernah
Paris (ANTARA) - Prancis akan bereaksi dengan ketegasan terkuat usai seorang guru digorok di jalan di pinggiran kota Paris pada Jumat, usai menunjukkan kartun Nabi Muhammad kepada murid-muridnya, sebagaimana dikatakan Perdana Menteri Jean Castex pada Sabtu.

"Melalui salah satu pembelanya, Republik inilah yang telah ditikam jantungnya oleh terorisme Islamis," kata Castex melalui cuitan di Twitter.

"Dalam solidaritas dengan para guru, Negara akan bereaksi dengan ketegasan terkuat agar Republik dan warganya hidup, bebas! Kita tidak akan pernah menyerah. Tidak akan pernah."

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Seorang guru sejarah sekolah menengah di Prancis digorok di dekat sekolah di mana di awal bulan ini dia memperlihatkan kartun Nabi Muhammad kepada murid-muridnya.

Baca juga: Pembantu penyerangan Charlie Hebdo jalani persidangan
Baca juga: Tersangka terkait serangan Charlie Hebdo ditangkap di Djibouti


Tindakan guru tersebut dianggap menghujat umat Islam, kata pejabat Prancis pada hari Jumat (16/10).

Penyerang ditembak mati oleh polisi tidak jauh dari lokasi serangan pada Jumat sore, di daerah pemukiman di pinggiran barat laut Paris.

"Salah satu warga kami dibunuh hari ini karena dia mengajar, dia mengajar murid-muridnya tentang kebebasan berekspresi," kata Presiden Prancis Emmanuel Macron kepada wartawan di lokasi serangan itu.

"Rekan kami diserang secara mencolok, menjadi korban serangan teroris Islam," kata Macron. "Mereka tidak akan menang ... Kami akan bertindak. Dengan tegas, dan cepat. Anda dapat mengandalkan tekad saya."

Insiden tersebut menggemakan serangan lima tahun lalu di kantor majalah satir Charlie Hebdo yang menerbitkan karikatur Nabi Muhammad.

Penerbitan karikatur Nabi Muhammad itu menimbulkan masalah di masyarakat Prancis.

Kurang dari sebulan yang lalu, seorang pria asal Pakistan menggunakan pisau daging untuk menyerang dan melukai dua orang yang sedang merokok di luar kantor tempat Charlie Hebdo bermarkas pada saat serangan 2015.

Prancis selama beberapa tahun terakhir mengalami serangkaian serangan kekerasan oleh militan Islam, termasuk pembunuhan Charlie Hebdo 2015, dan pemboman serta penembakan pada November 2015 di teater Bataclan dan lokasi-lokasi di sekitar Paris yang menewaskan 130 orang itu.

Sumber: Reuters

Baca juga: PM: Empat orang ditusuk di dekat kantor lama Charlie Hebdo
Baca juga: Pakistan kecam keras penerbitan ulang kartun Nabi Muhammad

Penerjemah: Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020