Angka kesembuhan COVID-19 di Kaltim alami peningkatan

Angka kesembuhan COVID-19 di Kaltim alami peningkatan

Kepala BPBD Kaltim, Yudha Pranoto. (ANTARA/Arumanto)

Samarinda (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur melaporkan persentase tingkat kesembuhan dari COVID-19 cenderung meningkat. 

Kepala BPBD Kaltim, Yudha Pranoto, Ahad,  mengatakan jumlah pasien sembuh COVID-19 di Kaltim mencapai 8.269 orang dari total 11.306.

Tambahan kasus sembuh pada Sabtu (17/10) sebanyak 272 orang atau 74,3 persen.

"Sehari sebelumnya, tingkat kesembuhan sekitar 73,1 persen. Sabtu kemarin naik lagi menjadi 74,3 persen," kata Yudha yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kaltim.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kaltim bertambah 382

Baca juga: Positif COVID-19 di kaltim bertambah 197 jadi 11.503 kasus

Yudha mengatakan perkembangan positif seperti ini mestinya menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih optimis dan mau bersama-sama mencegah tertular atau menulari COVID-19, sehingga aktivitas masyarakat akan kembali normal seperti sebelumnya.

Caranya dengan mematuhi imbauan pemerintah disiplin menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak aman dan rajin mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir.

Pencegahan lainnya adalah meningkatkan konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk meningkatkan imunitas diri.

"Tidak perlu mahal. Bahkan kita bisa menanam sendiri di sekitar rumah kita. Begitu juga dengan tanaman-tanaman obat. Seperti kunyit, jahe dan lainnya," ujar Yudha

Pihaknya terus mengimbau agar memperhatikan protokol kesehatan dan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum.

"Pada Sabtu kemarin personel BPBD Kaltim menyemprot disinfektan di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di Jalan Bhayangkara, sementara personel Gugus Tugas di Samarinda melakukan pemakaman dengan protokol COVID-19," ucapnya.*

Baca juga: Positif COVID-19 di Kalimantan Timur bertambah 165 kasus

Baca juga: Positif COVID-19 di Kaltim bertambah 210 kasus

Pewarta : Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020