Yamaha tak akan masukkan pengganti untuk Rossi di Grand Prix Teruel

Yamaha tak akan masukkan pengganti untuk Rossi di Grand Prix Teruel

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Valentino Rossi menguji knalpot baru di tes ofisial MotoGP di Sirkuit Misano, Selasa (15/9/2020). (ANTARA/HO-Yamaha Motor Racing Srl/am)

Jakarta (ANTARA) - Valentino Rossi bakal melewatkan Grand Prix Teruel, karena terjangkit COVID-19 dan Yamaha tidak akan menugaskan pebalap pengganti di seri kedua balapan di Sirkuit Aragon, Spanyol, itu pekan depan.

Rossi pulang ke rumahnya di Tavullia, Italia, setelah Grand Prix Prancis akhir pekan lalu dan pada Kamis mendapati hasil tesnya positif COVID-19 sehingga The Doctor melewatkan Grand Prix Aragon, Minggu.

Yamaha mengatakan Rossi mengisolasi diri untuk 10 hari sejak tanggal hasil positif tes keluar sesuai dengan panduan otoritas Italia, yang berarti dia juga tidak akan siap untuk balapan di Aragon, 25 Oktober.

"Yamaha telah menimbang baik-baik opsi mereka dan memutuskan untuk tidak memasukkan pebalap pengganti untuk substitusi Rossi di Gran Premio de Teruel," demikian pernyataan resmi Yamaha seperti dikutip Reuters, Minggu.

Baca juga: Rossi positif COVID-19, lewatkan balapan di Aragon
Baca juga: Kronologi sebelum Rossi terjangkit COVID-19


"Keputusan ini berdasarkan tekanan tinggi yang dihadapi anggota proyek MotoGP Yamaha selama musim yang terganggu COVID-19 ini."

Rossi harus mendapati hasil tes negatif virus corona sebelum bisa kembali beraksi dan di Grand Prix Eropa di Valencia pada 6-8 November.

Yamaha akan fokus mendukung Maverick Vinales di Teruel dan akan memberikan informasi terkini soal kondisi Rossi satu pekan setelah itu.

Juara dunia sembilan kali itu sebelumnya telah mengalami rentetan gagal finis di tiga balapan terakhir yang membuat pebalap Italia itu terlempar ke peringkat 13 klasemen dengan jarak 57 poin dari Fabio Quartararo di puncak.

Baca juga: Dua balapan di Aragon krusial untuk perebutan gelar juara MotoGP
Baca juga: Enam engineer Yamaha lewatkan GP Prancis setelah satu positif COVID-19

 
Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020