Jakarta (ANTARA) - Aston Villa menempel ketat Everton yang berada di puncak klasemen Liga Inggris setelah tim besutan Dean Smith itu meraih kemenangan dalam laga pekan kelimanya.

Bertandang ke Stadion King Power pada Minggu waktu setempat (Senin WIB), Villa menang dramatis lewat gol injury time Ross Barkley untuk menundukkan Leicester City 1-0.

Catatan sapu bersih Villa dalam empat pertandingan menghasilkan 12 poin, membuat tim yang musim lalu berjuang keras menghindari degradasi kini menduduki peringkat kedua hanya terpaut satu poin di belakang Everton (13).

Baca juga: Villa lanjutan tren positif dengan kemenangan dramatis atas Leicester

Sedangkan Leicester (9) tercecer ke peringkat keempat dan tim besutan Brendan Rodgers itu cukup diuntungkan hasil pertandingan lain yang berlangsung lebih awal ketika Tottenham Hotspur ditahan imbang West Ham United.

Tottenham yang memimpin tiga gol dalam 16 menit membuang cuma-cuma keunggulan mereka karena kehilangan konsentrasi dalam belasan menit akhir pertandingan ketiga gawang mereka kebobolan tiga kali dan berakhir dengan skor imbang 3-3.

Tottenham membuang kesempatan untuk menembus empat besar dan raihan delapan poin mereka hanya cukup untuk mengamankan kembali posisi keenam yang sempat diduduki oleh Chelsea sehari sebelumnya.

Baca juga: Ditahan imbang West Ham, Jose Mourinho sebut pemain Spurs lemah mental

Sedangkan West Ham sukses merangsek naik ke peringkat kedelapan dengan tujuh poin yang dimiliki.

Hasil dramatis juga terjadi saat Brighton & Hove Albion mengimbangi Crystal Palace 1-1 berkat gol pengujung laga dari Alexis Mac Allister di Selhurst Park.

Sementara itu, Sheffield United dan Fulham berbagi poin perdana mereka musim ini setelah main imbang 1-1 di Bramall Lane. Sheffield naik ke urutan ke-17, sedangkan Fulham meninggalkan dasar klasemen ke peringkat ke-19.

Baca juga: Absen lawan Brighton, Jordan Ayew ternyata positif COVID-19
Baca juga: Sheffield United masih nirmenang, manajer minta penggemar tidak malu


Dua tim lain yang juga belum merasakan kemenangan musim ini, West Bromwich Albion dan Burnley akan bertemu satu sama lain di The Hawthorns pada Senin malam waktu setempat (Selasa WIB).

Sedangkan rangkaian pertandingan pekan kelima akan ditutup di Elland Road saat Leeds United menjamu Wolverhampton.

Leeds, juara Divisi Championship musim lalu, berpeluang untuk menyodok ke tiga besar jika bisa mengatasi Wolverhampton.

Baca juga: Gara-gara Pickford, Van Dijk harus jalani operasi lutut
Baca juga: Preview pertandingan Liga Inggris pekan ini dalam statistik


Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan kelima (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Sabtu (17/10) malam s.d. Minggu (18/10) dini hari
Everton 2 - Liverpool 2 (Michael Keane 19', Dominic Calvert-Lewin 81'; Sadio Mane 3', Mohamed Salah 72') Baca juga: VAR anulir kemenangan Liverpool atas Everton dalam Derby Merseyside
Chelsea 3 - Southampton 3 (Timo Werner 15', 28', Kai Havertz 59'; Danny Ings 43', Che Adams 57', Jannik Vestergaard 90+2') Baca juga: Southampton curi satu poin dari Chelsea
Manchester City 1 - Arsenal 0 (Raheem Sterling 23') Baca juga: Sterling jadi pembeda Manchester City atas Arsenal
Newcastle United 1 - Manchester United 4 (Luke Shaw bd-2'; Harry Maguire 23', Bruno Fernandes 86', Aaron Wan-Bissaka 90', Marcus Rashford 90+6') Baca juga: Manchester United hempaskan Newcastle berkat kesuburan 10 menit akhir

Minggu (18/10) malam s.d. Senin (19/10) dini hari
Sheffield United 1 - Fulham 1 (Billy Sharp p-85'; Ademola Lookman 77') Baca juga: Sheffield United dan Fulham berbagi poin perdana
Crystal Palace 1 - Brighton & Hove Albion 1 (Wilfried Zaha p-19'; Alexis Mac Allister 90') Baca juga: Brighton kantungi satu poin dari Palace berkat gol menit-menit akhir
Tottenham Hotspur 3 - West Ham United 3 (Son Heung-min 1', Harry Kane 8', 16'; Fabian Balbuena 82', Davinson Sanchez bd-85', Manuel Lanzini 90+4') Baca juga: Tottenham buang keunggulan tiga gol dan diimbangi West Ham 3-3
Leicester City 0 - Aston Villa 1 (Ross Barkley 90+1')

Senin (19/10) malam s.d. Selasa (20/10) dini hari
23.30 West Bromwich Albion vs Burnley
02.00 Leeds United vs Wolverhampton

Klasemen Liga Inggris

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020