Jakarta (ANTARA) - Halal Science Center (HSC) IPB University menggelar pelatihan sistem jaminan halal serta sertifikasi auditor atau penyelia kehalalan.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers universitas yang diterima di Jakarta, Senin, Kepala HSC IPB University Khaswar Syamsu menjelaskan bahwa sebagai bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan pelatihan dan sertifikasi penyelia kehalalan bagi para penyuluh industri kecil dan menengah digelar bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

Khaswar mengatakan bahwa industri kecil menengah dan aneka yang memiliki keterbatasan jumlah dan kapasitas sumber daya manusia menghadapi kendala dalam menerapkan kewajiban sertifikasi halal. Para pelaku industri kecil membutuhkan penyuluhan dan pendampingan dalam menjalankan kewajiban tersebut.

Oleh karena itu, HSC IPB University menggelar pelatihan mengenai sistem jaminan halal dan sertifikasi penyelia kehalalan untuk pejabat fungsional serta penyuluh perindustrian dan perdagangan. 

HSC IPB University juga secara reguler mengadakan pelatihan penyelia halal bersertifikat kompetensi untuk perusahaan maupun lulusan baru.

Rektor IPB University Arif Satria mengemukakan bahwa pemenuhan standar produk halal telah menjadi kepedulian bersama dan komitmen global.

Tantangan bagi ilmuwan dan IPB University, menurut dia, adalah mengembangkan teknologi yang memungkinkan proses penjaminan kehalalan suatu produk dilakukan secara mudah dan cepat.

"Kota Bogor sebagai sebuah kota kuliner, ini juga menjadi tantangan bagi para penyedia makanan. Apakah makanan ini memang benar-benar sudah terstratifikasi, terstandardisasi halalnya. Bila Thailand bisa, kenapa kita enggak bisa," kata dia.

Baca juga:
IPB University dan Kemendikbud selenggarakan Satria Data 2020
IPB University juara umum kompetisi Satria Data 2020

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020