KAI Cirebon catat Rail Express angkut 2.379 ton barang

KAI Cirebon catat Rail Express angkut 2.379 ton barang

Pengguna jasa pengiriman barang Rail Exspress saat akan mengirimkan barangnya. ANTARA/Khaerul Izan/am.

Cirebon (ANTARA) - Manajer Humas Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat Luqman Arif mengatakan sejak pertama kali dioperasikan pada awal 2020 Rail Express telah mengangkut barang pengguna jasa seberat 2.379 ton.

"Kalau total pengiriman barang menggunakan Rail Expres dari Januari hingga September 2020, itu sebanyak 2.379 ton," kata Luqman di Cirebon, Senin.

Menurut dia barang yang diangkut oleh layanan Rail Express ini hampir semua jenis barang retail, di antaranya paket, dokumen, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan dan lainnya.

Dia memastikan untuk tarif dalam pelayanan Rail Express dipastikan yang termurah dibanding tarif ekspedisi lain dengan waktu pengiriman relatif lebih cepat dan aman.

"Kami pastikan layanan ini merupakan yang termurah apalagi dibandingkan dengan ekspedisi lainnya," ujarnya.

Di wilayah Daop 3 Cirebon lanjut Luqman, layanan Rail Express saat ini tersedia di tiga stasiun, yaitu Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan dan Jatibarang.

Namun untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa, nanti pada bulan November 2020 diprogramkan akan ada dua stasiun lagi di Daop 3 yang melayani layanan Rail Express..

"Kita perluas lagi layanan ini di dua stasiun yang berada di wilayah Daop 3 Cirebon yaitu Haurgeulis, Indramayu dan Stasiun Brebes," kata Luqman.

Luqman menambahkan untuk layanan Rail Express yang dulu hanya antara setasiun, kini sudah bisa sampai tujuan pengiriman, hal ini upaya memberikan pelayanan lebih maksimal kepada para pengguna jasa.

Luqman mengatakan layanan tersebut tersedia setelah PT Kereta Api Indonesia bekerja sama dengan PT Blue Bird untuk memberikan layanan "Last Mile" atau transportasi lanjutan untuk pelanggan Rail Express.

Di mana masyarakat Cirebon dan sekitarnya saat mengantarkan barang ke Loket Rail Express stasiun keberangkatan, pelanggan akan mendapatkan pilihan layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir pengiriman dengan armada Bluebird.

"Pada tahap awal, layanan logistik dari KAI dan Bluebird melayani untuk pengiriman dari Cirebon menuju ke 4 wilayah, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya," katanya.

Baca juga: KAI Cirebon perluas layanan Rail Express

Baca juga: KAI berikan diskon biaya pengiriman barang dengan "Rail Express"

Baca juga: Daop 6 Yogyakarta optimalisasi angkutan barang Rail Express
Pewarta : Khaerul Izan
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020