Ini akan memberikan kepercayaan diri bagi pihak hotel dan masyarakat untuk kembali beraktivitas di hotel
Batam (ANTARA) - Sebanyak 151 hotel yang berlokasi di Kota Batam Kepulauan Riau (Kepri) sudah mengantongi sertifikat dari pemerintah daerah (pemda) setempat, sebagai tanda telah memenuhi syarat penerapan protokol kesehatan COVID-19.

"Sudah 151 hotel yang bersertifikat," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Senin.

Sertifikat itu diberikan pemda karena menilai hotel-hotel itu menerapkan protokol kesehatan dengan baik, antara lain kewajiban mengenakan masker, menjaga jarak, dan menyiapkan hand sanitizer.

Menurut Ardiwinata, penilaian itu dilakukan secara menyeluruh di bagian-bagian hotel.

Baca juga: Batam siapkan 9 hotel singgah bagi pebisnis dari Singapura

Selanjutnya, kata dia, pemda mendorong agar seluruh hotel disertifikasi kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan (Clean, Healty, Safety, Environment Sustainibillity/ CHSE) dengan melibatkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Ini akan memberikan kepercayaan diri bagi pihak hotel dan masyarakat untuk kembali beraktivitas di hotel," kata dia.

Sementara itu Direktur Hubungan Antar Lembaga Kemenparekraf Kartika Candra Negara mengatakan pemerintah tengah menyusun protokol kesehatan untuk dipatuhi dan dijalankan di destinasi wisata.

Baca juga: Kemenparekraf sosialisasikan wisata aman di tengah pandemi

Menurut dia, saat ini calon pelancong mengutamakan CHSE di sebuah destinasi wisata, tidak hanya melihat dari keindahannya saja.

"Saat ini cara pandang wisatawan sudah berubah, mereka (wisatawan) melihat destinasi wisata yang mengutamakan kesehatan," kata dia.

Dalam sosialisasi dan simulasi CHSE pada pelaksanaan MICE di Batam beberapa waktu lalu, hotel tidak hanya menerapkan 3M (mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), tapi juga beberapa antisipasi lainnya.

Pihak hotel menyemprotkan disinfektan kepada koper tamu, kemudian membatasi penggunaan alat makan bergantian dengan mengganti prasmanan, menyiapkan makanan dengan kotak atau kontainer, dan lainnya.

Baca juga: Koridor perjalanan RI-Singapura, secercah berkah di tengah musibah
 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020