Kita akan mendorong supaya nantinya Pemprov DKI Jakarta turut berperan dan mendapatkan hasil dari pelabuhan ini juga
Jakarta (ANTARA) - Ketua Panitia Khusus (Pansus) Kawasan Berikat Nusantara (KBN) DPRD Provinsi DKI Jakarta akan mendorong pemerintah provinsi (pemprov) untuk berperan dan mendapatkan hasil dari Pelabuhan Marunda yang dikelola oleh PT Karya Citra Nusantara (KCN) bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kita akan mendorong bagaimana supaya nantinya Pemprov DKI Jakarta turut berperan dan mendapatkan hasil dari pelabuhan ini juga," ujar Ketua Pansus KBN DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga saat melakukan peninjauan ke Pelabuhan Marunda, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, hal tersebut perlu dilakukan dalam rangka menambah PAD  DKI Jakarta. "Kita akan menggali semua hal, baru nanti kita mendorong rekomendasi benar-benar menjadi salah satu sumber pendapatan bagi Pemprov DKI Jakarta," katanya.

Baca juga: Kinerja keuangan KCN turun drastis akibat kisruh Pelabuhan Marunda
.

Sejumlah anggota Pansus KBN DPRD Provinsi DKI Jakarta meninjau langsung Pelabuhan Marunda yang dikelola PT KCN.

Dalam peninjauan tersebut para anggota Pansus melihat progres pembangunan Pelabuhan Marunda dan aktivitas yang terjadi di pelabuhan tersebut.

Selain anggota Pansus tersebut, hadir pula pada kunjungan kerja tersebut Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Faisal Syafruddin, Direktur Utama PT KCN Widodo Setiadi serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Baca juga: Dari 2016 hingga Desember 2019, Pelabuhan KCN Marunda sumbang devisa Rp15 Miliar

Pelabuhan Marunda merupakan salah satu bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Operator pelabuhan Marunda PT Karya Citra Nusantara (KCN) menegaskan tetap ikut mendukung perkembangan PSN melalui percepatan pembangunan dermaga 2 dan dermaga 3.

Dengan keterlibatan Pelabuhan Marunda diharapkan bisa menopang pelayanan pelabuhan dan mengurai kepadatan di Pelabuhan Tanjung Priok.

PT KCN sendiri ingin membangun Pelabuhan Marunda sejalan dengan program yang dijalankan pemerintah. Hal ini berkaitan dengan dilibatkannya PT KCN dalam pembangunan tol laut oleh pemerintah.

Baca juga: KCN dukung penuh Program Tol Laut

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020