Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga menegaskan dukungannya secara penuh terhadap konsep ASEAN Outlook on Indopacific yang dipelopori Indonesia dan akan mengadopsinya.

“Jepang secara penuh mendukung ASEAN Outlook on Indopacific yang dipelopori Indonesia untuk diadopsi,” kata PM Yoshihide Suga dalam pernyataan pers bersama Presiden RI Jokowi setelah pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa.

PM Suga mengatakan, Jepang memiliki kesamaan fundamental dengan visi Indopasifik yang bebas dan terbuka.

Ia menambahkan, berpijak pada hal ini Jepang akan bekerja sama dengan Indonesia menjelang KTT ASEAN terkait yang akan digelar pada November 2020 mendatang.

Baca juga: Jokowi sebut kunjungan PM Jepang simbol komitmen kemitraan strategis

Selain itu kata dia, Jepang bersama Indonesia yang merupakan negara maritim di kawasan Indopasifik sekaligus mitra strategis, Jepang akan mendorong kerja sama lebih lanjut termasuk upaya untuk mengatasi wabah COVID-19.

“Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, saya menekankan tekad Jepang untuk memprakarsai upaya-upaya untuk berkontribusi dalam perdamaian dan kesejahteraan di kawasan dengan menyebutkan ASEAN memainkan peran penting dalam mewujudkan Indopasifik yang bebas dan terbuka,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan Jepang akan bekerja sama dan bergandengan tangan dengan Indonesia bagi terwujudnya perdamaian dan kesejahteraan kawasan berlandaskan kemitraan strategi dua negara.

PM Suga juga berharap kunjungannya kali ini mampu memperkuat kerja sama dan kemitraan strategis kedua negara.

Baca juga: Indonesia sambut kunjungan PM Jepang Yoshihide Suga

Baca juga: PM Jepang dijadwalkan diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor

Baca juga: Presiden Jokowi sambut kedatangan PM Jepang di Istana Bogor

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020