Plt Gubernur Kalteng tinjau food estate Barito Utara

Plt Gubernur Kalteng tinjau food estate Barito Utara

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya (kiri) bersama Bupati Barito Utara Nadalsyah (kedua kiri) dan sejumlah pejabat lainnya meninjau tanaman bawang merah hasil kerja sama dengan BI Kalteng di Dusun Transbangdep Kecamatan Teweh Selatan, Rabu (21/10/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya melakukan kunjungan ke salah satu kawasan lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Barito Utara.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo sekarang sedang melaksanakan program nasional tanaman pangan. Salah satunya ada kegiatan food estate di seluruh Indonesia,termasuk di Kalimantan Tengah dan Barito Utara, sudah melaksakan itu," kata Habid Ismail ketika meninjau kawasan pertanian di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan, Rabu.

Dalam peninjauan lokasi pertanian itu Habib Ismail didampingi Bupati Barito Utara Nadalsyah serta sejumlah pejabat lainnya.

Habib Ismail sangat kagum dengan keberadaan petani di wilayah Barito Utara, karena selain padi sawah, ladang, jagung juga ada tanaman bawang merah dan peternakan.Tanaman bawang merah merupakan kerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalteng dengan kelompok tani Transbangdep Kecamatan Teweh Selatan.

"Pemerintah dalam melaksanakan program selain memberikan arahan dan bimbingan juga memberikan bantuan, baik bibit,pupuk juga peralatan pertanian," katanya.

Dia mengatakan, dalam melaksanakan program selain bimbingan kepada para petani juga program bantuan, agar nanti hasilnya lebih baik dan mengangkat derajat para petani di daerah ini.

Dalam kesempatan kunjungan Plt Gubernur juga menyerahkan bantuan pada kelompok tani di Dusun Transbangdep.

Bupati Nadalsyah juga menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemprov Kalteng atas dukungannya selama ini,khususnya dalam bidang pertanian.

"Apalagi dengan dicanangkannya wilayah Barito Utara menjadi program food estate pada tahun berikutnya, dimana program ini nantinya sangat membantu petani dan juga dapat meningkatkan pendapatam para petani," ujar Nadalsyah.

Selain itu juga Plt Gubernur Kalteng dan Bupati Barito Utara meninjau jaringan irigasi program optimalisasi lahan (OPLASERASI) "Optimalisasi Lahan, Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani" 2020 di Desa Trahean. Saluran yang ditinjau yaitu saluran pembuangan sepanjang 5.200 meter dan saluran tersier sepanjang 420 meter.
Pewarta : Kasriadi
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020