Legenda basket digaet Kabupaten Bekasi kejar medali Porda Jabar

Legenda basket digaet Kabupaten Bekasi kejar medali Porda Jabar

Legenda bola basket Tanah Air Ali Budimansyah, Kamis (22/10/2020) memberikan "coaching clinic" kepada pebasket 3x3 Kabupaten Bekasi di Lapangan basket outdoor Kompleks Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (FOTO ANTARA/ Pradita Kurniawan Syah).

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Bekasi mendatangkan legenda bola basket Tanah Air Ali Budimansyah dan Lucky Pinontoan sebagai pelatih guna mengejar target meraih medali pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022.

"Memang Porda Jabar masih dua tahun lagi, tapi tahun depan sebenarnya sudah pra-Porda jadi sebenarnya sudah dekat. Kami harus serius untuk menatap medali di Porda nanti," kata Sekretaris Umum Perbasi Kabupaten Bekasi Agus Dhani, Kamis di Cikarang, Kamis.

Dua mantan bintang Indonesia Basketball League (IBL) itu langsung memberikan coaching clinic dan pelatihan teknik serta fisik kepada bibit muda pebasket setempat begitu tiba di lapangan outdor bola basket yang berada di area Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi.

Ia mengatakan legenda timnas basket nasional Ali Budimansyah dipercaya menukangi tim putra dan putri basket 3x3. Posisi ini dipercayakan pada Ali lantaran dia menjadi salah satu dari sedikit pelatih di Indonesia yang memiliki sertifikasi kepelatihan basket 3 lawan 3.

"Jadi cuma ada empat di Indonesia yang punya kualifikasi kepelatihan 3x3, salah satunya Ali Budimansyah. Maka dari itu, kenapa tidak kami menjadikannya pelatih," katanya.

Ali Budimansyah merupakan salah satu legenda terbesar perbasketan Tanah Air, bahkan beberapa pecinta basket sempat menjulukinya sebagai Michael Jordannya Indonesia. Bertahun-tahun ia bermain untuk Aspac Jakarta di IBL.
Mantan bintang IBL Lucky Pinontoan memimpin latihan tim putra di Lapangan Kompleks Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Kamis (22/10/2020). (FOTO ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Sementara mantan bintang IBL lainnya Lucky Pinontoan dipercaya melatih tim basket putra Kabupaten Bekasi. Pengalamannya sebagai pemain serta keahliannya sebagai pelatih dianggap mampu mengangkat basket Kabupaten Bekasi di tingkat provinsi.

Selain kedua mantan bintang IBL ini, kata Dhani, pihaknya juga merekrut Tono sebagai pelatih tim basket putri. Keahliannya mencetak para pemain muda diharapkan mampu diterapkan di Kabupaten Bekasi.

"Dengan pemilihan pelatih terbaik ini kami meyakini mampu merealisasikan target minimal satu medali di Porda nanti. Tinggal selanjutnya para pelatih ini yang menyiapkan para pemainnya," katanya.

Ia mengatakan selain karena nama besar, para mantan bintang IBL ini diharapkan mampu menyalurkan ilmu kepada para atlet. Kemudian juga koneksi yang dimiliki para pelatih mampu mengembangkan kemampuan para pemain.

"Karena dengan koneksi itu, tentu pelatih nanti tahu harus latih tanding dengan siapa saja ini para pemain. Atau bahkan bukan tidak mungkin ada pemain yang nantinya main di IBL," katanya.

"Kami juga membuka peluang pada pelatih lokal untuk bergabung dalam tim kepelatihan. Ini menjadi kesempatan untuk menyerap ilmu dari para
legenda tentunya," demikian Agus Dhani.

Baca juga: Ali Budimansyah fokus ubah mindset pemain dari 5x5 ke 3x3

Baca juga: IBL batalkan lanjutan kompetisi musim 2020

Baca juga: PP Perbasi rilis panduan normal baru untuk aktivitas bola basket

Baca juga: Merajut asa, menata, meniti tradisi juara di masa pandemi
 
Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020