Jakarta (ANTARA) - Aston Villa berpeluang mengkudeta Everton dari puncak klasemen saat tim besutan Dean Smith itu membuka rangkaian jadwal Liga Inggris pekan keenam pada Jumat waktu Eropa (Sabtu WIB).

Villa saat ini merupakan satu-satunya tim yang punya catatan 100 persen di awal musim Liga Inggris dengan empat kemenangan pertandingan pertamanya.

Villa bakal menjamu Leeds United di Villa Park, Birmingham, dan jika mampu mengalahkan tim promosi itu, mereka bakal melanjutan awal musim sempurna mereka dan merebut posisi puncak dari Everton.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Aston Villa tempel ketat Everton di puncak

Hanya saja, tugas Villa tidak semudah itu mengingat mereka tak pernah menang melawan Leeds sejak The Whites ditangani oleh Marcelo Bielsa di Divisi Championship 2018/19.

Leeds sukses memetik kemenangan dalam lawatan ke Villa Park pada 23 Desember 2018, saat tim besutan Bielsa itu membalikkan ketertinggalan dua gol jadi skor 3-2 atas Villa.

Secara keseluruhan Dean Smith juga memiliki rekor inferior kontra Bielsa dalam tiga pertemuan --satu di antaranya saat masih menangani Brentford-- dipaksa menelan satu kekalahan dan hanya meraih dua hasil imbang.

Baca juga: Dean Smith puji Marcelo Bielsa jelang Aston Villa vs Leeds
Baca juga: Bielsa bertekad pertajam serangan Leeds


Maka pertandingan di Villa Park besok jelas akan menjadi salah satu tonggak penting bagi keberlangsungan musim gemilang Villa, yang tiga bulan lalu berjuang keras menghindari ancaman degradasi hingga pekan penutup musim 2019/20.

Jika berhasil mengalahkan Leeds, Villa akan mencatatkan sapu bersih kemenangan di lima pertandingan awal musim mereka untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Hasil imbang sudah cukup untuk mengantarkan Villa menggusur Everton dan menduduki puncak klasemen Liga Inggris untuk pertama kalinya sejak Agustus 2011.

Baca juga: Ziyech beberkan alasan kepindahannya ke Chelsea
Baca juga: James Rodriguez juga jadi korban Derby Merseyside


Berikut jadwal Liga Inggris pekan keenam (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Sabtu (24/10) dini hari
02.00 Aston Villa vs Leeds United

Sabtu (24/10) malam s.d. Minggu (25/10) dini hari
18.30 West Ham United vs Manchester City
21.00 Fulham vs Crystal Palace
23.30 Manchester United vs Chelsea
02.00 Liverpool vs Sheffield United

Minggu (25/10) malam s.d. Senin (26/10) dini hari
21.00 Southampton vs Everton
23.30 Wolverhampton vs Newcastle United
02.15 Arsenal vs Leicester City

Selasa (27/10) dini hari
00.30 Brighton & Hove Albion vs West Bromwich Albion
03.00 Burnley vs Tottenham Hotspur

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020