Antrian pendek di China saat iPhone 12 meluncur di Apple Store

Antrian pendek di China saat iPhone 12 meluncur di Apple Store

Sejumlah konsumen berbaris antre saat mereka menunggu di Apple Store sebelum iPhone 12 baru 5G Apple mulai dijual di tengah wabah COVID-19 berlanjut di Shanghai, China (23/10/2020). REUTERS/Aly Song/aa.

Jakarta (ANTARA) - Dua model iPhone 12 terbaru mulai dijual di China, Jumat (23/10), setelah prapemesanan menunjukkan minat konsumen yang kuat pada ponsel berkemampuan 5G milik Apple tersebut di pasar kedua terbesar raksasa teknologi itu.

Antrian pendek di luar Apple Store yang berlokasi di pusat bisnis Shanghai sangat kontras dengan kerumunan yang berbondong-bondong ke penjualan pertama pada tahun sebelumnya, sebab sebagian besar pemesanan kini telah bergeser secara online.

"Saya merasa senang menjadi pelanggan pertama yang mendapatkan iPhone baru," ujar Yan Bingqing (30) kepada Reuters, dikutip Sabtu.

Yan Bingqing tiba sebelum toko dibuka, dan berada dalam antrean sekitar 20 orang. "Saya sudah menunggu lama," dia melanjutkan.

Baca juga: iPhone 12 dan iPhone 12 mini dirilis, ini spesifikasinya
 
Petugas membawa termometer sementara orang menunggu di luar Apple Store, sebelum penjualan perdana iPhone 12, di tengah pandemi COVID-19, di Shanghai, China (23/10/2020). (REUTERS)


Warna hijau baru untuk iPhone 12 juga menjadi perbicangan teratas di aplikasi China Weibo pada hari Jumat, mendorong reaksi positif.

Pengumuman Apple pekan lalu mendapat respons beragam. Analis memperkirakan lonjakan pesanan terjadi tahun ini, sebab pengguna setia iPhone akhirnya dapat membeli ponsel baru yang kompatibel dengan infrastruktur jaringan 5G.

Retail e-commerce China JD.com mencatat pre-order untuk keempat model iPhone 12 mencapai 1,6 juta pada hari pertama pengumuman.

"Dari lubuk hati saya, agak terlambat bagi Apple untuk merilis iPhone 5G,” kata Zhu Lin, penggemar Apple lainnya yang telah mengantri. "Saya mengharapkannya tahun lalu," dia menambahkan.

Apple dan Huawei Technologies adalah satu-satunya pembuat ponsel teratas yang meningkatkan pertumbuhan pengiriman di China tahun ini, dengan kenaikan tahunan sebesar 35 persen untuk Apple pada kuartal kedua, menurut perusahaan riset pasar Canalys.

Penjualan perdana ponsel terbaru Apple mengikuti peluncuran ponsel andalan Huawei, Mate 40 Series, pada Kamis (22/10), yang dinantikan sebelum memutuskan untuk menggunakan iPhone 12.

Baca juga: Permintaan iPhone 12 ungguli iPhone 11

Baca juga: iPhone 12 dan Mini dikenakan biaya tambahan di AS

Baca juga: iPhone 12 Mini, alternatif ponsel kecil yang "besar"
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020