Jalur pelayaran Selat Bohai, Laut Kuning ditutup sementara

Jalur pelayaran Selat Bohai, Laut Kuning ditutup sementara

Ilustrasi - Selat Taiwan dari atas Kota Keelung, Taiwan. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Fuzhou (ANTARA) - Jalur pelayaran di Selat Bohai dan Laut Kuning ditutup sementara selama pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menggelar latihan militer di wilayah perairan tersebut.

Badan Keamanan Laut Tangshan, Provinsi Hebei, mengumumkan latihan di perairan Selat Bohai digelar pada 23 Oktober hingga 10 November 2020.

Titik koordinat latihan tersebut berada di 39-24,35 derajat Lintang Utara/119-13,44 derajat Bujur Timur, 39-24,14 derajat Lintang Utara/119-28,24 derajat Bujur Timur, dan 39,13-13 derajat Lintang Utara/119-11,51 derajat Bujur Timur.

Siapa pun yang tidak berkepentingan dilarang memasuki titik koordinat tersebut selama latihan di Selat Bohai berlangsung, demikian pengumuman yang didapat ANTARA di Fuzhou dari PLA, Minggu.

Bakamla Dalian, Provisi Liaoning, juga mengeluarkan peringatan untuk tidak memasuki perairan Laut Kuning selama latihan militer berlangsung pada 23-30 Oktober 2020.

Ada empat titik koordinat yang bakal digunakan untuk latihan militer pasukan PLA di pesisir timur China yang berbatasan dengan Korea Selatan itu.

China terus mengintensifkan latihan militer guna memperkuat pasukan laut dan udaranya di wilayah timur dan selatan di tengah memanasnya situasi Selat Taiwan dan Laut China Selatan.

Baca juga: Kemlu RI: Ada penolakan klaim China atas LCS dari "non-claimant" ASEAN

Baca juga: PM Suga: Jepang tak akan biarkan ada intimidasi di Laut China Selatan
Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020