Pemkot Jakarta Utara targetkan donasi bulan dana PMI Rp3 miliar

Pemkot Jakarta Utara targetkan donasi bulan dana PMI Rp3 miliar

Ilustrasi -- Kegiatan jemput bola donor darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin (12/10/2020). ANTARA/Devi Nindy/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara menargetkan donasi sebesar Rp3 miliar pada bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI) tahun 2020.

"Targetnya sama dengan tahun 2019 lalu, dan kami optimis untuk dapat mengumpulkan dana tersebut," kata Wakil Wali Kota, Ali Maulana Hakim di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu targetkan donasi Bulan Dana PMI Rp200 juta

Ali menyatakan PMI merupakan salah satu organisasi yang mengumpulkan dana untuk membantu meringankan beban sesama manusia, tanpa membedakan agama, suku, warna kulit, jenis kelamin, bahasa atau golongan sehingga perlu didukung bersama.

"Kami memberikan kesempatan pada masyarakat menyumbang untuk PMI secara ikhlas atau sukarela, dalam rangka membantu meringankan penderitaan sesama manusia dimasa pandemi COVID-19," imbau Ali.

Baca juga: PMI Jakbar bagikan 43.200 paket sabun dukung kampanye cuci tangan

Bulan dana PMI sebagai upaya pembelajaran masyarakat agar memiliki jiwa kemanusiaan dan jiwa kesetiakawanan sosial.

Pemkot Jakarta utara melibatkan semua pihak hingga masyarakat dalam pengumpulan dana yang dapat disalurkan melalui penyebaran kupon melalui penempatan drop box/kotak sumbangan di mall, pendistribusian proposal ke dunia usaha, penyebaran list donasi ke masyarakat melalui kelurahan, RT ataupun RW juga penyebaran amplop donasi dan list donasi ke sekolah-sekolah.

Sementara Ketua PMI Jakarta Utara Sabri Saiman mengatakan sumbangan yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam kesiap siagaan terutama dalam kegiatan penanggulangan dan pemulihan bencana.

Baca juga: PMI Jakarta Barat targetkan galang dana kemanusiaan hingga Rp5 miliar

"Dana itu digunakan untuk pembinaan remaja/pemuda dengan pendidikan vokasional kepalang merahan yang tidak bisa didapat di dunia pendidikan. Termasuk juga untuk kegiatan pelayanan dan promosi kesehatan masyarakat serta pelayanan donor darah," jelas Sabri.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Bulan Dana PMI tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan kondisi pandemi COVID-19.

Anies menyatakan target penerimaan turun menjadi Rp21 miliar, dibandingkan tahun 2019 lalu yang mencapai Rp26,9 miliar.
Pewarta : Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020