Pandemi COVID-19 telah mengubah pola hidup dan konsumsi masyarakat
Makassar (ANTARA) - BRI menghadirkan website  Pasar BRI sebagai solusi dan alternatif terbaik bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya di tengah pandemi COVID-19.

"Pada situasi pandemi COVID-19, tidak sedikit masyarakat yang mengalami kendala dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena itu kami hadirkan web pasar ini," kata Pimpinan Wilayah BRI Makassar Mohamad Fikry Satriawan di Makassar, Sulsel, Selasa.

Dia mengatakan pandemi COVID-19 telah mengubah pola hidup dan konsumsi masyarakat, sehingga mau tidak mau harus memanfaatkan teknologi digital dalam membantu menyediakan barang ataupun jasa.

Mencermati kondisi tersebut, lanjut dia, insan brilian BRI terdorong untuk melakukan inovasi lebih cepat dengan merilis website pasar yang merupakan salah satu inovasi yang ditujukan untuk membantu para pedagang pasar agar tetap berjualan dan kebutuhan konsumen juga terpenuhi tanpa harus bertemu langsung.

"Web Pasar BRI ini menjadi solusi sekaligus alternatif bagi para pedagang untuk tetap berjualan tanpa harus bertemu langsung di lokasi pasar dengan pembeli," katanya.

Adapun produk yang dapat dibeli melalui web ini antara lain sembako, sayuran, daging, buah-buahan, pakaian, dan kebutuhan lainnya.

Pembeli cukup mengakses website https://pasar.id/ pada browser, kemudian memilih pasar terdekat, lalu menentukan produk yang akan dibeli.

Cukup berkomunikasi langsung dengan pedagang via media sosial WA, telepon bahkan video call dan melakukan pembayaran secara mobile atau COD, kemudian pesanan akan diantarkan langsung ke alamat yang diinginkan serta yang pasti kualitas barang pesanan dijamin dan terjaga selama pengiriman.

Fikry mengatakan website pasar.id sangat mudah diaplikasikan karena tidak perlu mendownload aplikasi seperti program aplikasi lainnya, cukup mengakses website pasar.id lalu memilih tempat belanja.

Manfaat website pasar.id diakui salah seorang pedagang di Pasar Terong, Makassar Ridwan.

Dia mengatakan keuntungan dari website pasar BRI ini tidak hanya dirasakan oleh pedagang dan pembeli saja, tetapi website pasar BRI juga memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan pekerjaan atau tambahan pendapatan yang diberdayakan sebagai kurir pengantar barang.

Saat ini, BRI Kanwil Makassar telah membangun setidaknya 109 web pasar yang tersebar di berbagai pasar kabupaten/kota dan desa, terkhusus di Kota Makassar telah dibangun empat website Pasar BRI yaitu Pasar Terong, Pasar Pa’baeng-baeng, Pasar Ikan Paotere dan Pasar Toddopuli.

"Target ke depannya akan diterapkan 1 pasar minimal 1 web pasar , sehingga seluruh pedagang pasar dapat merasakan manfaat dan keuntungan website pasar BRI,” kata Fikry.

Dengan adanya website pasar yang telah dibangun ini, terbukti dapat mendorong aktivitas ekonomi masyarakat, memberikan solusi dan alternatif terbaik baik pedagang dan pembeli, memberi peluang kerja dan penambahan penghasilan, serta mendorong pedagang pasar untuk go digital.

Baca juga: Gerakkan ekonomi, BRI bersihkan Sungai Kalisari Semarang
Baca juga: BRI kucurkan KUR Rp320,3 miliar di Pangkal Pinang
Baca juga: BRI akselerasi penyaluran KUR digital melalui startup unicorn

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020