GoFood dorong kemajuan usaha kuliner lewat edukasi-jejaring KOMPAG

GoFood dorong kemajuan usaha kuliner lewat edukasi-jejaring KOMPAG

Semarak 1 Tahun KOMPAG. ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan pesan antar makanan online terbesar di Asia Tenggara, GoFood, pada hari ini merayakan kiprah satu tahun Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) yang konsisten mendukung UMKM bersama-sama #MelajuBersamaGojek lewat pelatihan pengembangan usaha kuliner.

Komitmen GoFood melalui platform edukasi dan jejaring KOMPAG di tahun 2021 akan berfokus pada dua hal; memperbanyak ragam pelatihan untuk peningkatan kapasitas yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan mitra usaha dan memperluas jaringan keanggotaan KOMPAG di lebih banyak kota di Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam acara perayaan semarak satu tahun KOMPAG yang diadakan untuk sekaligus memberikan apresiasi kepada para mitra usaha GoFood inspiratif.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek memberikan apresiasi untuk mitra UMKM GoFood yang telah berjuang bersama melakukan adaptasi bisnis di tengah pandemi, dan tak hentinya berinovasi untuk tetap menjadi andalan pelanggan GoFood.

“Mendukung mitra usaha GoFood dengan pembekalan seluk-beluk berbisnis kuliner online serta berjejaring dengan sesama pelaku UMKM merupakan latar belakang berdirinya KOMPAG setahun yang lalu,” kata Catherine Hindra Sutjahyo dalam siaran pers, Selasa.
 
GoFood KOMPAG (ANTARA/HO)

Baca juga: GoFood konsisten terapkan protokol kebersihan makanan

Baca juga: Layanan GoFood Gojek ungguli 46 aplikasi dunia


“Hal ini merupakan salah satu refleksi komitmen GoFood yang terus berupaya menjadi growth partner terbaik mitra usaha kami. Setahun bersama, kami bangga akan pencapaian para mitra usaha GoFood yang telah banyak belajar dan berkembang dari tema pelatihan yang dibagikan KOMPAG, terlebih selama pandemi, ketika kita semua harus terus bangkit dan beradaptasi.”

Ia menambahkan, “Kami harap, KOMPAG dapat terus menjadi sarana edukasi dan berjejaring andalan para mitra usaha GoFood, serta menebar dampak sosial yang lebih luas ke depannya.”

Sejak pertama kali diperkenalkan melalui grup Facebook, KOMPAG kini telah memiliki lebih dari 67.000 anggota mitra usaha yang berasal dari 69 kota di Indonesia, dan telah memberikan lebih dari 100 tema pelatihan lewat sesi pelatihan reguler, Ngobrol Pintar bareng GoFood (NGOPI) Live melalui Facebook dan pertemuan Temu KOMPAG. Menyesuaikan keadaan selama pandemi, sesi pelatihan reguler KOMPAG diadakan secara online dan diikuti rata-rata 2.000 peserta per sesi atau naik 20 kali lipat dari jumlah anggota yang hadir ke pertemuan fisik di masing-masing kota.

Mengusung semangat gotong royong kuat, KOMPAG juga memfasilitasi terbentuknya komunitas tingkat kota, seperti di Bandung, Depok, Semarang, yang aktif menggalang bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi, membuktikan bahwa relasi di KOMPAG telah melampaui hubungan profesional.

Selama pandemi, judul pelatihan KOMPAG disesuaikan sehingga dapat menjawab kebutuhan para mitra UMKM, baik untuk meningkatkan transaksi dengan solusi dari ekosistem Gojek dan tips dan trik dari para praktisi untuk mengembangkan usaha dengan strategi pemasaran yang kreatif.

Selain itu, GoFood rutin membagikan insights berbasis data untuk menginspirasi mitra UMKMnya berinovasi dan meningkatkan transaksi. Misalnya, seperti yang Catherine sampaikan di kesempatan kali ini, Makanan Siap Masak (ready to cook) diprediksi masih menjadi andalan pelanggan terbukti lewat data pertumbuhan 25 persen permintaan menu item ini di bulan Oktober dibandingkan saat pertama kali diluncurkan di bulan Mei.

Baca juga: Digitalisasi naikkan transaksi UMKM kuliner hingga 70 persen

Baca juga: Rekomendasi memasak hidangan ala chef berbahan bahan siap masak


Penghargaan Mitra Usaha GoFood Sukses #MelajuBersamaGojek di Tengah Pandemi

Pada perayaan semarak 1 tahun KOMPAG, GoFood memberikan apresiasi dengan total hadiah Rp 60 juta kepada 16 mitra usaha dan 1 grup kota ter -KOMPAG yang mampu menerapkan inovasi untuk beradaptasi dan tumbuh, sekaligus menginspirasi dengan solidaritasnya yang tinggi.

Kategori pemenang adalah Mitra Usaha Inspiratif, Pejuang Pandemi, Mitra Aktif dan Inovatif, Bintang Kelas KOMPAG, Ketua KOMPAG, dan Kota ter-KOMPAG. Tiga pemenang untuk kategori Mitra Usaha Inspiratif ini juga merupakan pemenang ajang penghargaan Mitra Juara Gojek.

Juara Pertama Mitra Inspiratif GoFood, sekaligus pemenang Mitra Juara Gojek-Kategori GoFood, Dodi, Pemilik Pempek Pistel Kiarin, Bandung mengatakan, “Berawal dari pelatihan berbisnis kuliner yang saya ikuti semasa menjadi mitra driver Gojek, akhirnya saya memutuskan untuk memulai usaha kuliner."

"Mendaftarkan usaha di GoFood menjadi awal dari banyak kesempatan, termasuk kesempatan belajar melalui KOMPAG. Saya giat menerapkan ilmu serta tips bisnis dari GoFood yang disampaikan melalui KOMPAG, saya juga aktif membangun jejaring sesama pengusaha kuliner di Bandung," kata Dodi.
 
Semarak 1 Tahun KOMPAG (ANTARA/HO)

Ia menambahkan, "Alhamdulillah, walaupun di masa yang menantang ini, rezeki hasil jualan bisa saya bagikan ke teman-teman mitra driver dan masyarakat sekitar, berupa masker dan makanan gratis. Apresiasi dari Gojek ini tentunya saya dedikasikan untuk menginspirasi pelaku UMKM agar pantang menyerah walaupun di tengah masa sulit sekalipun.”

Dodi Sandra sebagai pemenang Mitra Juara Gojek (MJG) - Kategori GoFood berkesempatan untuk menjadi pemenang “Mitra Juara Pilihan Gojekers”. Masyarakat dapat mengenal lebih dekat para mitra Gojek dengan kisah paling inspiratif di gojek.com/hari-jadi dan http://bit.ly/MJG2020.

Kemudian, masyarakat dapat berpartisipasi memilih mitra favorit dengan memberikan Like pada video profil mitra di Youtube Gojek tersebut. Pemilihan Pemenang ‘Mitra Juara Pilihan Gojekers’ tersebut akan ditentukan berdasarkan akumulasi likes dari tiap video finalis MJG 2020 dengan puncak live voting pada perayaan utama hari jadi Gojek ke-10 yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Catherine mengatakan, “Kami sangat bangga dengan pencapaian mitra usaha GoFood yang sangat menginspirasi walaupun di tengah masa pandemi."

"Semangat ini mendorong kami untuk terus berinovasi mendukung ratusan ribu UMKM kuliner yang ada di ekosistem GoFood agar tetap #MelajuBersamaGojek dengan solusi komprehensif, mencakup dukungan bisnis dari hulu ke hilir, baik berupa solusi teknologi maupun non-teknologi. Dukungan ini kami harapkan dapat berkontribusi untuk mengakselerasi hasil program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," tutup Catherine.

Baca juga: Menteri Teten Masduki apresiasi konsep "Dapur Bersama GoFood"

Baca juga: Gojek sebut transaksi Gofood selama pandemi meningkat 20 persen

Baca juga: GoFood manfaatkan "Dapur Bersama" untuk bantu lebih banyak UMKM
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020