Jakarta (ANTARA) - Telkomsel kembali menghadirkan program berbasis digital sebagai wadah untuk memacu kewirausahaan millennial, dengan menggelar Digital Creative Millennials 2020.

Program ini akan memberikan serangkaian pelatihan dan pendidikan melalui seminar daring (webinar) dan lokakarya (workshop) terkait transformasi digital di sektor UMKM.

"Tahun ini, sebagai momentum kami memaknai Hari Sumpah Pemuda melalui program Digital Creative Millennials kami ingin fokus membantu para UMKM untuk dapat terus bergerak maju," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangan tertulis, Rabu.

Menurut Denny, UMKM kini menjadi sektor yang sangat terdampak dikarenakan masih bergantung pada model bisnis yang konvensional.

Baca juga: Creativepreneur Indonesia ditantang wujudkan ide segar-inovatif

Baca juga: Kopi Tuli gelar kompetisi ide usaha untuk pelajar SMA


"Melalui rangkaian program Digital Creative Millennials 2020, kami ingin mengakselerasi sektor UMKM yang memiliki kekuatan potensial dalam membangun perekonomian nasional di masa mendatang untuk dapat beradaptasi dengan teknologi dan bertransformasi ke sistem digital," Denny melanjutkan.

Webinar Creative Talks, Selasa (27/10), merupakan kick off program tersebut dengan menghadirkan topik khusus terkait pentingnya transformasi digital pada sektor UMKM dan strategi bisnis daring.

Sesi pertama diisi oleh Dendy Darman (Founder Unkl347) yang menceritakan pengalamannya dalam "menjalani bisnis apparel/clothing line selama lebih dari 20 tahun."

Sesi tersebut kemudian dilanjutkan dengan diskusi di antara dua founder Cotton Ink, yaitu Ria Sarwono dan Carline Darjanto yang membahas "bagaimana cara membangun bisnis dengan partner yang efektif dan bisa bertahan lama."

Kemudian sesi terakhir Webinar Creative Talks ditutup dengan topik "membangun bisnis dengan jujur dan tetap menjadi diri sendiri" yang dibawakan oleh Gofar Gilman (Founder Lawless).

Tercatat sebanyak lebih dari 200 creativepreneurs, UMKM, dan brand owners hadir sebagai peserta webinar dan berbagi ilmu dengan para pembicara mengenai pentingnya penerapan platform digital dan transformasi digital pada sektor UMKM.

Dengan mengikuti program Digital Creative Millenials 2020, peserta akan mendapat pelatihan dan pendidikan yang mencakup produk komersial, bantuan teknis mengenai dokumen dan lisensi, rencana bisnis, penyederhanaan produksi distribusi, hingga mempertemukan dengan investor.

Event ini nantinya akan ditutup dengan penyelenggaraan Festival 3D Experience Shopping Online yang diisi oleh ratusan brand lokal pada akhir Desember 2020.

Melalui Festival 3D Experience Shopping Online, Telkomsel berupaya untuk membangkitkan kembali sektor UMKM atau merek brand yang mengalami penurunan penjualan akibat dari pandemi COVID-19.

Konsep belanja daring yang menawarkan pengalaman tiga dimensi itu untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia dan akan mengajak para pengunjung merasakan pengalaman berbelanja secara virtual.

Nantinya akan ada lima area belanja yang bisa dikunjungi menurut klasifikasi, di antaranya Fashion Men Area, Fashion Woman Area, Beauty Area, Sport Area, dan Collaboration Area.

Sebagai rangkaian lanjutan dari program, Telkomsel juga akan menghadirkan sebuah Collaboration Product di antara ratusan brand lokal dengan para seniman.

Dengan adanya dua penggabungan identitas tersebut diharapkan akan menghadirkan ide-ide kreatif dan menciptakan sebuah inovasi baru. Adapun para seniman yang berpartisipasi dalam Collaboration Product dengan para brand atau UMKM, di antaranya adalah Owi Liunic, Sir Dandy, dan Hilarius Jason.

"Telkomsel akan selalu memberikan komitmen penuh untuk terus mendukung dan memberdayakan UMKM dengan berbagai pelatihan, pendidikan, solusi, dan layanan digital Telkomsel yang dapat memberikan dukungan dan perkembangan bisnis sektor UMKM, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis UMKM," pungkas Denny.

Rangkaian Digital Creative Millennials akan terus berlangsung hingga Desember 2020, dengan beragam program pengembangan bisnis yang dikurasi khusus untuk membantu para creativepreneurs, brand owners, UMKM hingga masyarakat secara umum.

Baca juga: TikTok dan Telkomsel kolaborasi tingkatkan literasi digital

Baca juga: MyTelkomsel tambah ShopeePay di opsi pembayaran

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020