Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan kembali menyelenggarakan Bulan Bahasa dan Sastra 2020 yang diselenggarakan secara daring.

"Kemendikbud pada tahun ini, kembali menyelenggarakan Bulan Bahasa dan Sastra 2020 di tengah keterbatasan, yang mana pada tahun ini diselenggarakan secara daring," ujar Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud, Endang Aminudin Aziz dalam pembukaan acara secara daring di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kemendikbud : Bahasa dan sastra terus berkembang

Baca juga: Bahasa Indonesia berkembang seiring perkembangan masyarakat


Dia menambahkan pihaknya mengapresiasi banyak pihak yang menaruh perhatian begitu besar pada pengembangan bahasa dan sastra di daerah. Pelaksanaan Bulan Bahasa dan Sastra itu bertujuan untuk menunjukkan kekhasan dan keunikan serta keunggulan yang dapat ditemui di Tanah Air.

"Ini merupakan anugerah terbesar untuk bangsa ini yang dapat dinikmati bersama-sama dan kita dapat semakin menghargai kebhinekaan yang ada," tuturnya.

Bulan Bahasa dan Sastra 2020 mengangkat tema “Berbahasa untuk Indonesia Sehat”.

"Kata sehat dipilih untuk menggambarkan keadaan yang diinginkan oleh bangsa kita, yaitu bangsa yang sehat," ucapnya.

Untuk mewujudkan bangsa yang sehat, jasmani atau fisik dan rohani atau mental, kata dia, tidak dapat saling terpisah. Pada bagian itulah bahasa dan sastra berperan untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang sehat.

Berbagai kegiatan kebahasaan dan kesastraan diselenggarakan untuk meramaikan Bulan Bahasa dan Sastra 2020.

Rangkaian kegiatan tersebut merupakan ajang berkarya atau berekspresi, ajang peningkatan kualitas berbahasa Indonesia, dan ajang perlombaan bagi masyarakat.

Baca juga: Memaknai Sumpah Pemuda dan perlunya merawat bahasa persatuan

Baca juga: Pusat Bahasa dan Iptek Pontianak dikunjungi 4.400 pelajar per bulan

Baca juga: Festival dan lomba semarakkan Bulan Bahasa Bali


Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan di tingkat pusat dan dan balai atau kantor bahasa yang diberi nama "Menjalin Indonesia".

Kegiatan yang diselenggarakan, di antaranya adalah penghargaan media massa, lomba mendongeng bagi penyandang disabilitas netra, lomba cerdas mengulas buku, festival virtual pembacaan naskah lakon, lomba animasi Trigatra Bangun Bahasa, pesan pujangga, simulasi dan pelayanan kebahasaan dan kesastraan, lomba debat antarmahasiswa, dan bedah buku bahasa dan sastra.

Dalam kesempatan itu, dia menambahkan penyelenggaraan Bulan Bahasa dan Sastra 2020 itu menjadi tonggak bagi lembaga yang dipimpinnya menjadi lembaga yang bermartabat, bermanfaat bagi masyarakat dan menjunjung nilai profesionalisme.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020