Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menerima penghargaan kategori "Best Freedom of Speach" dalam acara nasional Teropong Democracy Award (TDA) yang diselerenggarakan secara virtual pada Rabu.

"Penghargaan ini menjadi wujud nyata apresiasi tulus dari masyarakat kepada politisi yang terus mengawal demokrasi di Indonesia," kata Syarief Hasan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia menilai bahwa kunci dari demokrasi adalah kebebasan menyampaikan narasi dan suara rakyat untuk perbaikan negeri. Syarief mengatakan sejak awal dirinya percaya bahwa demokrasi sebagai sebuah sistem harus menjamin kebebasan berbicara.

"Karena kebebasan tersebut menjadi ruang 'check and balances' yang dapat mendewasakan demokrasi di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Pimpinan MPR siap kolaborasi dengan pemerintah atasi masalah bangsa
Baca juga: Wakil Ketua MPR nilai kinerja BIN lebih leluasa di bawah Presiden
Baca juga: Cegah Corona, Syarief Hasan adakan kegiatan sosial di Bogor


Dia mengatakan, laporan Freedom in the World 2019 yang dirilis oleh Freedom House, sebuah organisasi internasional yang mempromosikan kebebasan dan demokrasi di dunia, Indonesia mendapatkan skor 62 dari skor maksimal 100.

Selain itu menurut dia, Reporters Without Borders, organisasi internasional yang juga meneliti kebebasan pers dunia menempatkan Indonesia di posisi 124 dari 180 negara dalam laporan World Press Freedom Index 2019.

"Posisi ini menunjukkan masih rendahnya Indeks Kebebasan Pers Indonesia," ujarnya.

Sebagai peraih penghargaan "Best of Freedom Speech", Syarief Hasan mendorong Pemerintah untuk menjamin kebebasan berbicara di Indonesia. Menurut dia, indeks dan laporan tersebut menunjukkan bahwa demokrasi di Indonesia masih tergolong belum sempurna.

"Karena itu perlu peran bersama dari penyelenggara negara, politisi, hingga masyarakat memastikan jaminan kebebasan berekspresi dan berdemokrasi di Indonesia," katanya.

Syarief Hasan menegaskan bahwa penghargaan yang diraihnya akan semakin mengokohkan posisi Partai Demokrat untuk kuat bersama rakyat.

Selain Syarief Hasan, beberapa kader dan bahkan fraksi Partai Demokrat juga mendapatkan penghargaan Teropong Democracy Award antara lain, Fraksi Partai Demokrat (Voices of Democracy), Agus Harimurty Yudhoyono (Rising Star of Democracy), Edhie Baskoro Yudhoyono (Hope of Democracy), dan Syarief Hasan, Benny K. Harman, serta Herman Khaeron (Best of Freedom Speech).

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020