konsepnya ada pepohonan yang bisa membantu pencegahan polusi udara
Jakarta (ANTARA) - PT Karya Citra Nusantara atau KCN menggandeng Institut Pertanian Bogor dalam penerapan konsep pelabuhan hijau atau green port di Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara.

Direktur Utama PT KCN Widodo Setiadi menjelaskan pihaknya bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor untuk menciptakan green port lewat penanaman pohon di kawasan pelabuhan.

"Khusus green port kita juga di sini sebetulnya menggandeng IPB. Jadi waktu itu kita mencoba mini forest, pohon-pohon apa yang sebetulnya cocok," ujar Widodo Setiadi kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Menurut Widodo, pelabuhan hijau diterapkan untuk menciptakan suasana asri dan mengurangi polusi udara yang berasal dari aktivitas kendaraan-kendaraan berat di kawasan pelabuhan.

Selain itu, penerapan pelabuhan hijau ini merupakan bentuk implementasi dari regulasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"Kita sendiri sudah memesan dengan vendor kita pohon-pohon yang sudah cukup tinggi sekitar enam meter untuk kita pasang di sepanjang dermaga. Supaya konsepnya ada pepohonan yang bisa membantu pencegahan polusi udara," kata Widodo Setiadi.

Jenis pohon berdaun lebar seperti pohon kaki gajah dan ketapang, lalu pohon yang berakar kuat serta adaptif terhadap lingkungan seperti pohon mangrove banyak ditanam di kawasan Pelabuhan Marunda.

PT KCN sengaja mencari pepohonan yang tidak hanya membutuhkan air tawar, namun juga dapat beradaptasi dengan lingkungan pesisir dari air laut maupun hujan.

Konsep pelabuhan digital dan ramah lingkungan mulai diterapkan di Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara yang dikelola oleh PT Karya Citra Nusantara.

Terkait digitalisasi, PT KCN belajar dengan pelabuhan-pelabuhan yang sudah menggunakan jasa digitalisasi untuk mempermudah akses kecepatan informasi termasuk dalam proses bongkar muat barang-barang.

Baca juga: KCN: Pelabuhan Marunda ciptakan lapangan kerja bagi masyarakat
Baca juga: KCN apresiasi adanya perlindungan hukum bagi para pelaku usaha
Baca juga: Pemprov DKI: Pelabuhan Marunda dorong investasi daerah dan nasional

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020