Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur tergelincir menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah Royal Antwerp dalam laga putaran kedua Grup J Liga Europa di Stadion Busoil, Antwerpen, Belgia, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Kendati mendominasi sepanjang pertandingan, tim besutan Jose Mourinho kebingungan membongkar pertahanan Antwerp yang bermain lebih efisien dan berhasil mencetak gol lewat Lior Refaelov pada menit ke-29.

Peluang-peluang awal laga Tottenham lewat Gareth Bale masih melebar pada menit ketujuh, sedangkan tuan rumah balik mengancam lewat Refaelov tetapi tembakannya selepas melewati Harry Winks masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-29, Ben Davies kehilangan bola di area pertahanan Tottenham dan Diumerci Mbokani mengirimkannya untuk diselesaikan Refaelov demi membawa Antwerp memimpin.

Baca juga: Gareth Bale turun sejak awal dalam lawatan Tottenham ke Antwerp

Sejak gol itu, Mourinho seperti merasakan pil pahit dari strategi pragmatis yang kerap diterapkannya di masa silam, sebab Antwerp menerapkan pertahanan yang disiplin untuk meredam gempuran Tottenham sembari mencari celah melancarkan serangan balik.

Kendati ditekan, Antwerp justru berpeluang menggandakan keunggulan pada menit ke-53, tetapi penyelesaian Mbokani atas umpan tarik Refaelov malah melenceng dari jarak dekat.

Tottenham terus menggempur tuan rumah tetapi peluang bagus mereka pada menit ke-62 digagalkan oleh Abdoulaye Seck yang pasang badan untuk menghalau tembakan Son Heung-min.

Antwerp memiliki dua peluang lain dari Simen Juklerad dan Birger Verstraete, tetapi yang satu melenceng dari sasaran dan yang lainnya bisa dihalau oleh Davies.

Baca juga: Tottenham gasak LASK Linz 3-0 di partai pembuka Liga Europa

Tottenham terus berupaya menembus pertahanan Antwerp, tetapi gagal menemukan cara untuk menyamakan kedudukan. Tendangan Son Heung-Min yang diredam Jeremy Gelin menjadi akhir percobaan Spurs sebelum wasit meniup peluit panjang di laga tersebut.

Akibat kekalahan itu, Tottenham kehilangan posisinya di puncak klasemen yang kini diambil alih oleh Antwerp berbekal raihan enam poin penuh, demikian catatan laman resmi UEFA.


LASK petik tiga poin

Dalam laga lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Linzer, Austria, LASK Linz susah payah mengamankan tiga poin saat menundukkan tamunya Ludogorets dengan skor 4-3.

Unggul dua gol lebih dulu lewat Husein Balic dan Andreas Gruber, gawang LASK sempat dijebol oleh Elvis Manu untuk membuat kedudukan jadi 2-1 pada menit ke-15.

Marko Raguz merestorasi keunggulan dua gol lewat sepakan kaki kirinya pada menit ke-34, sebelum LASK menjauh berkat gol bunuh diri Olivier Verdon yang berusaha menghadang tembakan Balic pada menit ke-55.

Baca juga: Hasil undian Liga Europa: Milan dan Napoli di grup berat

Kendati demikian, Ludogorets seolah mendapat momentum kebangkitan ketika Manu mengemas dua gol tambahan untuk melengkapi raihan trigol bahkan LASK harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain setelah Lukas Grgic menerima kartu kuning kedua.

Beruntung bagi LASK situasi timpang itu tak mampu dimanfaatkan Ludogorets, sehingga tim Austria itu mengantungi kemenangan pertama mereka untuk meninggalkan dasar klasemen Grup J dan bertukar tempat dengan Ludogorets.

Di pertandingan berikutnya, Antwerp akan menjamu LASK sedangkan Tottenham bertandang ke markas Ludogorets pada Kamis (5/11) pekan depan.

Baca juga: Hoffenheim petik kemenangan 4-1 di markas Gent
Baca juga: Villarreal borong tiga gol di 10 menit akhir demi tundukkan Qarabag
Baca juga: Milan catatkan kemenangan kedua di Liga Europa usai pecundangi Sparta
Baca juga: Leicester lanjutkan tren kemenangan di Liga Europa

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020