Purwakarta (ANTARA) - Arus lalu lintas di jalan tol Trans Jawa atau Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) meningkat pada musim libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

General Manajer Operasi Astra Tol Cipali Suyitno, dalam siaran pers yang diterima di Purwakarta, Jumat, mengatakan selama tiga hari terakhir ini kendaraan yang melintasi jalan Tol Cipali cukup tinggi.

Pada Selasa (27/10) tercatat 46.304 kendaraan yang melintasi jalan Tol Cipali. Kemudian pada Rabu (28/10) sebanyak 67.021 kendaraan yang melintasi jalan Tol Cipali. Selanjutnya pada Kamis (29/10), jalan Tol Cipali dilintasi 52.018 kendaraan.

Baca juga: 254.673 kendaraan tinggalkan Jakarta lewat Cikampek pada libur panjang

Menurut Suyitno, kendaraan yang melintasi jalan Tol Cipali pada Kamis (29/10) itu meningkat sekitar 75,54 persen dibandingkan dengan lalulintas harian normal.

Dengan begitu, secara umum kendaraan yang melintasi jalan Tol Cipali selama tiga hari terakhir pada hari libur panjang ini mengalami peningkatan hingga di atas 50 persen dibandingkan lalulintas harian normal.

Ia mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian selama musim libur panjang ini. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya kendaraan di rest area sepanjang jalan Tol Cipali.

Baca juga: AP I layani 103.506 penumpang pada hari pertama libur panjang

Di antara upaya mengatasi membludaknya kendaraan di rest area ialah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan buka-tutup rest area.

Selain itu juga dipasang pembatas jalan di bahu jalan sepanjang depan rest area, agar pengendara tidak beristirahat di bahu jalan Tol Cipali.

Sementara pada Jumat ini, arus lalu lintas di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga memasuki jalan Tol Cipali ramai lancar. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020