Wakil Ketua MPR: Patuhi protokol kesehatan saat liburan

Wakil Ketua MPR: Patuhi protokol kesehatan saat liburan

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. ANTARA/HO-Aspri/am.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Lestari Moerdijat meminta masyarakat tetap berdisiplin dengan menaati protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 selama menikmati libur panjang.

"Keseimbangan antara hak menikmati liburan dengan gembira dan kewajiban untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan sangat diharapkan mencegah penyebaran COVID-19 lebih luas," kata Rerie, sapaan akrab Lestari, dalam pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, masyarakat harus melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang pada saat menikmati liburan panjang pekan ini.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Waspadai COVID-19 saat libur panjang

"Hak berlibur dinikmati dengan suka cita, namun jangan melupakan kewajiban disiplin melaksanakan protokol kesehatan COVID-19 untuk mencegah munculnya klaster baru penyebaran virus," katanya.

Rerie mengapresiasi langkah antisipasi para pengelola tempat-tempat wisata dan perusahaan-perusahaan transportasi yang menerapkan "testing" dan penyediaan fasilitas mencuci tangan serta pengukuran suhu tubuh terhadap para wisatawan pada masa liburan panjang pekan ini.

Langkah itu, kata dia, harus diikuti dengan disiplin masyarakat dalam memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Rerie mengingatkan bahwa berhasil atau gagalnya upaya yang dilakukan pengelola wisata, perusahaan layanan transportasi, masyarakat, dan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada masa liburan panjang ini baru bisa dilihat dalam 1-2 minggu mendatang.

Baca juga: BNPB: Hindari kerumuman saat libur panjang

Pengalaman liburan panjang pada pertengahan Agustus lalu, kata Rerie, menghasilkan lonjakan kasus positif COVID-19 secara nasional pada dua pekan setelah libur panjang berlangsung.

"Dengan sejumlah langkah antisipasi pencegahan COVID-19 dari berbagai pihak, saya berharap bisa menekan angka penularan COVID-19 secara nasional," ujarnya.

Rerie berharap langkah pencegahan yang diterapkan pada libur panjang pekan ini adalah hasil evaluasi yang dilakukan terhadap upaya yang dilaksanakan pada pertengahan Agustus lalu.

Dengan begitu, kata dia, langkah pencegahan penyebaran COVID-19 pada pekan ini seharusnya bisa lebih baik daripada upaya pencegahan pada libur panjang pertengahan Agustus lalu.

Baca juga: Satgas ingatkan disiplin protokol COVID-19 di masa libur panjang

"Konsistensi pemerintah dan masyarakat dalam menegakkan disiplin dan menjalankan protokol kesehatan diharapkan mampu mengantarkan kita menuju pelaksanaan norma-norma baru pascapandemi COVID-19 untuk kehidupan yang lebih baik," kata Rerie.
#satgascovid19
#ingatpesenibupakaimasker #jagajarak #cucitanganpakaisabun
Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020