Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton mengalahkan Max Verstappen untuk memuncaki catatan waktu sesi latihan bebas pertama dan satu-satunya Grand Prix Emilia Romagna di Sirkuit Imola, Italia, Sabtu.

Catatan satu menit 14,726 detik pebalap Mercedes itu cukup untuk menahan jagoan tim Red Bull itu di peringkat dua dengan selisih 0,297 detik.

Valtteri Bottas yang terpaut 77 poin dari Hamilton di klasemen menuju seri kelima terakhir musim ini, berjarak hampir 0,5 detik dari rekan satu timnya untuk menempati peringkat tiga jelang kualifikasi, demikian laman resmi Formula 1.

Formula 1 kembali ke Imola untuk pertama kalinya sejak 2006.

Baca juga: Gasly kenakan helm khusus mengenang Senna di Imola
Baca juga: Mercedes siap kunci titel juara dunia konstruktor ketujuh di Imola


Dengan format hari, sesi latihan bebas Grand Prix Emilia Romagna digelar hanya satu kali pada Sabtu pagi jelang babak kualifikasi.

Mercedes memiliki peluang mengunci gelar konstruktor ketujuh kalinya secara beruntun jika mereka mampu mengemas sedikitnya 11 poin di Imola untuk mematahkan asa tim rival Red Bull.

Cuaca cerah dengan langit biru menaungi Autodromo Enzo e Dino Ferrari dan matahari menyapu kabut rendah pagi itu, membuat suhu naik dari 15 ke 18 derajat ketika start.

Sesi latihan 90 menit tersebut menjadi sangat penting bagi tim sebagai pengganti empat jam waktu normal latihan biasanya untuk menyiapkan sesi kualifikasi.

Sejumlah pebalap mendapati catatan waktu terbaik mereka dihapus karena melebihi batas trek ketika tampil menekan untuk mendapatkan kecepatan di sirkuit yang dikelilingi pepohonan di tengah Italia itu.

Baca juga: Alfa Romeo perpanjang kesepakatan hak nama Sauber F1 hingga 2021
Baca juga: Alpha Tauri pertahankan Gasly untuk Formula 1 musim 2021


AlphaTauri memimpin persaingan papan tengah ketika Pierre Gasly finis peringkat empat, kurang dari satu detik dari waktu Hamilton.

Charles Leclerc kembali tampil impresif dengan mobil Ferrari yang mengecewakan tahun ini untuk finis peringkat kelima di depan duet Renault Daniel Ricciardo Esteban Ocon.

Daniil Kvyat, yang masa depannya di F1 belum jelas, membawa mobil AlphaTauri kedua di peringkat sepuluh besar untuk finis P8, di depan Alexander Albon, yang satu detik lebih lambat dari rekan satu timnya di Red Bull, Verstappen.

Posisi kesepuluh ditempati Lance Stroll sedangkan rekan satu timnya di Racing Point terpaut 0,058 detik di peringkat kesebelas, finis di depan pebalap Ferrari Sebastian Vettel, yang akan menggantikan pebalap Meksiko itu tahun depan di tim yang bermarkas di Silverstone tersebut.

Satu-satunya pebalap di grid saat ini yang pernah membalap di Imola adalah Kimi Raikkonen. Pebalap Finlandia itu finis peringkat ke-17 untuk Alfa Romeo di sesi latihan hari itu.

Baca juga: Kilas balik rekor 92 kemenangan Hamilton
Baca juga: Norris meminta maaf menyusul komentarnya terhadap Hamilton dan Stroll

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020