Realme X50 Pro 5G, performa memikat dengan pengisi daya secepat kilat

Realme X50 Pro 5G, performa memikat dengan pengisi daya secepat kilat

Realme X50 Pro 5G (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Memenuhi janji membawa perangkat yang ditenagai kemampuan internet generasi kelima atau 5G, brand smartphone asal China, Realme, akhirnya membawa X50 Pro ke Indonesia pada akhir Agustus.

Dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 865 5G, X50 Pro juga menggunakan 65W SuperDart Flash Charge, pertama kalinya bagi Realme membekali teknologi pengisian daya cepat dengan besaran tersebut.

Flagship 5G pertama dari Realme yang diluncurkan dengan harga Rp11,999 juta juga membawa konfigurasi quad-camera dengan lensa utama 64MP. Berikut ulasan ANTARA untuk Realme X50 Pro.
Isi kotak Realme X50 Pro 5G (ANTARA/Arindra Meodia)


Desain
Realme X50 Pro 5G dikemas dalam bodi berdimensi 159 x 74,2 x 8,9 mm. Dengan bobot 205 gram, Realme X50 Pro terbilang cukup berat dibanding ponsel pada umumnya dan sedikit lebih tebal, namun bodi yang ramping membuat ponsel tersebut tetap nyaman dalam genggaman.

Perangkat tersebut membawa layar 6,44 inci yang diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5. Layar terasa lega dengan desain layar penuh -- hanya ada dua lubang yang merupakan "rumah" untuk kamera depan -- yang memiliki rasio ramping 20:9 dengan screen-to-body hingga 92 persen.

Di atas kertas, Realme X50 Pro 5G mendukung refresh rate 90Hz dengan sampling rate 180Hz yang mendukung HDR10+, color gamut DCI-P3 100 persen dan memiliki kecerahan maksimum 1000nits dan rasio kontras maksimal 2000000:1.
Tampilan belakang Realme X50 Pro 5G (ANTARA/Arindra Meodia)


Beranjak pada bagian belakang, tampilan X50 Pro terasa premium dengan warna Rust Red yang menimbulkan efek kilauan merah dengan didominasi maroon membuat kesan elegan. Selain warna tersebut, Realme juga menghadirkan pilihan warna Moss Green.

Bagian belakang juga terkesan simple dan minimalis dengan tulisan "realme" yang terukir dengan susuan vertikal di sudut kiri bawah, serta konfigurasi empat kamera yang juga disusun secara vertikal lengkap dengan flash dan tulisan "AI Quad Camera."

Sementara itu, pada bagian bawah perangkat ditempatkan speaker, port USB Type-C yang telah mendukung pengisian daya cepat dan slot untuk kartu sim. Pada bagian kanan terdapat tombol on/off, sedangkan pada sisi kiri terdapat tombol volume.

Software
Realme X50 Pro berjalan pada antarmuka Realme UI 1.0 di atas sistem operasi Android 10. Launcher bawaan Realme tersebut terbilang sederhana tanpa banyak variasi yang biasanya justru membebankan kinerja RAM. Perpindahan antar-aplikasi juga terasa ringan.

Saat layar diusap ke bawah akan muncul notifikasi dan akses cepat ke pengaturan, yang merupakan tempat menu cepat menuju, di antaranya, seluler, wifi dan koneksi bluetooth. Sementara, saat layar diusap ke atas, akan muncul semua aplikasi yang ada pada ponsel.

Realme UI 1.0 membawa beberapa aplikasi pre-instal, salah satunya Phone Manager untuk membantu memaksimalkan performa pada ponsel dengan sejumlah fitur, termasuk memeriksa status dan optimalisasi ponsel, memindai virus dan membersihkan ruang penyimpanan.
Tampilan antarmuka Realme X50 Pro 5G (ANTARA/Arindra Meodia)


Lebih lanjut, launcher bawaan Realme X50 Pro tersebut juga memiiki tempat untuk memudahkan mengatur ruang penyimpan, yang dinamai File Manager. Aplikasi tersebut menampilkan memori yang terpakai untuk sejumlah file, mulai dari foto, video, audi hingga dokumen yang diunduh.

Ada pula aplikasi Phone Clone, yang dapat dimanfaatkan untuk migrasi data ke ponsel baru, dan Game Center, tempat untuk memesan, mengunduh dan memperbarui game, serta Realme Community, yang memungkinkan untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Realme.

Selain itu, Realme juga membawa sejumlah fitur pada X50 Pro, termasuk Smart Driving dan Riding Mode yang memudahkan saat mengemudi, Kid Space untuk menciptakan ruang yang ramah anak sekaligus memungkinkan orang tua untuk mengontrol waktu penggunaan dan akses aplikasi anak, serta App Lock dan Private Safe untuk lapisan keamanan.

Baca juga: Realme X50 Pro 5G pakai Snapdragon 865

Hardware
Sebagai flagship, Realme X50 Pro ditenagai prosesor terkuat milik Qualcomm, Snapdragon 865, yang telah mengusung kemampuan 5G, dan dipasangkan dengan GPU Adreno 650. Prosesor 7nm Octa-core dengan A77 performance core ini dapat mencapai clock speed hingga 2.84GHz.

Jika dibandingkan dengan Snapdragon 855, baik CPU dan GPU, Snapdragon 865 5G diklaim lebih cepat hingga 25 persen, dengan AI yang juga dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Snapdragon 865 5G datang dengan DRAM LPDDR5, dengan kecepatan yang meningkat 29 persen dan konsumsi daya yang berkurang 20 persen, dibandingkan dengan LPDDR4X.

Performa Realme X50 Pro juga ditunjang dengan memori internal dan ruang penyimpanan yang terbilang luas, yakni RAM 12GB dan ROM 256GB. Untuk pengujian performa, Antara menggunakan aplikasi PC Mark for Android versi 2.3.3716 dan Geekbench versi 5.2.0.

Hasil pengujian PC Mark, Realme X50 Pro menunjukkan nilai 12239, sementara berdasarkan tes Geekbench performa ponsel diberi skor 909 untuk single-core dan 3354 untuk multi-core.

Dari skor pada kedua aplikasi tersebut, performa Realme X50 Pro disandingkan dengan ponsel premium Samsung, yakni Galaxy S20 Ultra dan Galaxy Note20 Ultra 5G, serta flagship Xiaomi, Mi 10 Ultra.

Sebagai informasi, aplikasi benchmark PC Mark mengukur performa ponsel pintar lewat pengujian berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna, sebutlah mengetik, menjelajah di internet ataupun penyuntingan video. Sementara, Geekbench menguji performa CPU.
Hasil pengujian Realme X50 Pro 5G pada aplikasi PC Mark (kiri) dan Geekbench (kanan). (ANTARA/Arindra Meodia)


Dibekali baterai 4.200mAh, Realme X50 Pro cukup memenuhi kebutuhan penggunaan sehari-hari. Penggunaan secara intens untuk panggilan video maupun menonton video streaming membuat perangkat sedikit panas, namun relatif cukup baik dalam hal penuruan daya.

Masih soal baterai, ini merupakan pertama kalinya Realme menggunakan teknologi pengisian daya cepat 65W SuperDart Flash Charge. Teknologi ini juga dilengkapi dengan adaptor generasi baru GaN untuk mencapai daya yang lebih tinggi dengan bodi yang lebih kecil, bertujuan menghantarkan panas yang lebih sedikit.

Dari pengalaman Antara, pengisian daya cepat beserta adaptor baru tersebut mampu mengisi daya perangkat sebesar 40 persen hanya dalam waktu 10 menit. Sementara, untuk mengisi baterai hingga 100 persen hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 40 menit.

Realme X50 Pro 5G juga kompatibel dengan pengisian daya cepat 30W VOOC 4.0 dan pengisian cepat 18W QC/PD.

Kamera
Realme X50 Pro 5G menghadirkan quad camera ultra-wide-angle 64MP dengan bukaan F/1.8 di bagian belakang, dilengkapi dengan lensa telephoto 12MP dengan F/2.5, lensa ultra-wide 8MP dengan F/2.3, serta lensa black and white portrait 2MP.

Hasil foto kamera belakang tampak cukup jernih dan mampu menangkap warna dengan baik. Terlebih, Realme menghadirkan opsi penangkapan 64MP yang dapat menghasilkan detail foto yang lebih baik.
Hasil foto kamera belakang Realme X50 Pro 5G menggunakan opsi 64M (ANTARA/Arindra Meodia)


Realme juga menyematkan kemampuan kamera untuk melakukan 20x zoom. Kamera X50 Pro mampu menangkap objek dari jarak jauh, seperti pada foto berikut.
Hasil foto kamera belakang Realme X50 Pro 5G (ANTARA/Arindra Meodia)
Hasil foto kamera belakang Realme X50 Pro 5G menggunakan 20x zoom (ANTARA/Arindra Meodia)


Tidak hanya itu, Realme juga membenamkan kemampuan lensa sudut ultra-lebar yang memungkinkan untuk mengambil gambar dengan pandangan yang lebih luas.
Hasil foto kamera belakang Realme X50 Pro 5G menggunakan fitur lensa ultra-lebar (ANTARA/Arindra Meodia)


Opsi lensa sudut ultra-lebar juga disematkan pada kamera depan. Realme X50 Pro 5G mengakomodasi kamera ganda ultra-wide angle di bagian depan, termasuk lensa utama dengan sensor Sony IMX616 32MP dan aperture f/2.0, serta lensa ultra-wide angle 8MP dengan aperture f/2.2 yang memiliki jangkauan gambar 105 derajat.

Kedua kamera mendukung selfie dalam mode HDR dan Nightscape. Hasil kamera depan juga cukup baik meski berada di dalam ruangan.
Hasil foto kamera depan Realme X50 Pro 5G (ANTARA/Arindra Meodia)


Dalam hal perekaman video, perangkat ini dapat merekam video dalam mode yang berbeda melalui lensa ultra-wide-angle, UIS super video stabilization, selfie portrait beauty-cam, dan mode portrait.

Kesimpulan
Realme X50 Pro menjadi opsi bagi mereka yang menjunjung tinggi performa, dengan chipset terkini Snapdragon 865 lengkap dengan kemampuan 5G dan ruang memori luar biasa lega, dengan RAM 12GB dan ROM 128GB.

Namun, bagi mereka yang menyukai fotografi mungkin akan sedikit kecewa dengan kamera yang kurang "menggigit." Meski begitu, pengisian daya cepat menjadi poin plus utama dari Realme X50 Pro dengan 65W yang mampu mengisi daya baterai dalam waktu singkat.

Baca juga: Meski harga tinggi, Realme percaya Realme X50 Pro 5G akan laris

Baca juga: Realme X50 Pro 5G masuk Indonesia, harga Rp11,9 juta
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020