BMKG ingatkan hujan petir disertai angin di Jabodetabek

BMKG ingatkan hujan petir disertai angin di Jabodetabek

Cuaca mendung melanda langit di Jakarta. ANTARA.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan akan potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jabodetabek pada Ahad siang.

Informasi peringatan dini yang dikeluarkan BMKG pukul 13.30 WIB, menyebutkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang ini terjadi mulai pukul 13.30 WIB.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 17.30 WIB," kata BMKG itu.

Adapun wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Berikut, wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan disertai kilat/petir dan angin kencang, daerah Jakarta Timur meliputi, Kramatjati dan Makasar.

Wilayah Kabupaten Bogor meliputi Pamijahan, Rumpin, Jasinga, Cigudeg, Tamansari, Ciseeng dan Tenjolaya.

Selanjutnya, Kabupaten Bekasi meliputi Cikarang Utara dan Cikarang Timur. Di Kota Depok meliputi wilayah Pancoran Mas. Sedangkan di Kabupaten Tangerang meliputi, Jayanti, Cisoka, Kemiri, Rajeg, Sukamulya dan Pagedangan.

Berikutnya, Kota Tangerang meliputi, Cipondoh, Pinang, serta Kota Tangerang Selatan meliputi Serpong Utara, Pondok Aren dan sekitarnya.

BMKG juga memperkirakan kondisi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat meluas hingga ke wilayah Danau Sunter, Tanjung Priok, Penjaringan, Koja, Pademangan, Cilincing dan Kelapa Gading yang berada di Jakarta Utara.

Wilayah Tambora, Grogol Petamburan, Taman Sari, Cengkareng, Kebon Jeruk, Kalideres, Pal Merah dan Kembangan yang ada di daerah Jakarta Barat.

Wilayah Sawah Besar, Kemayoran, Gambir, Senen, Cempaka Putih, Menteng, Tanah Abang dan Johar Baru yang ada di Jakarta Pusat.

Pulogadung, Jatinegara, Cakung, Matraman, Pasar Rebo, Duren Sawit, Ciracas dan Cipayung yang ada di wilayah Jakarta Timur.

Selanjutnya, Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, Pancoran, Jagakarsa dan Pesanggrahan yang ada di wilayah Jakarta Selatan.

Untuk Kota Tangerang, hujan dapat meluas hingga ke daerah Batuceper, Ciledug, Tangerang, Cibodas, Neglasari, Jatiuwung, Karawaci, Periuk, Karang Tengah, Larangan.

Di Kabupaten Bogor meluas hingga Cibinong, Gunung Putri, Citeureup, Sukaraja, Babakan Madang, Jonggol, Cileungsi, Sukamakmur, Kemang, Bojong Gede, Leuwiliang, Ciampea, Cibungbulang, Nanggung, Cijeruk, Ciomas, Dramaga, Klapanunggal, Ranca Bungur, Sukajaya, Tajurhalang, Leuwisadeng.

Daerah Kabupaten Bekasi, hujan meluas hingga ke Kedung Waringin, Sukakarya, Sukatani, Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, Tambelang, Karang Bahagia, Tambun Utara, Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Barat, Pebayuran, Cabangbungin, Setu, Cikarang Selatan, Cikarang Pusat, Serang Baru dan Cibarusah.

Lalu di Kota Bogor, hujan meluas hingga daerah Bogor Selatan, Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Utara dan Tanah Sareal.

Di Kota Bekasi, hujan meluas hingga wilayah Bekasi Barat, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Bekasi Selatan, Rawa Lumbu, Medan Satria, Bantar Gebang, Pondok Gede, Jatiasih, Jati Sempurna, Mustika Jaya dan Pondok Melati.

Di Kota Depok hujan meluas hingga wilayah Cimanggis, Sawangan, Limo, Sukmajaya, Beji, Cipayung, Cilodong, Cinere dan Tapos.

Berikutnya Kabupaten Tangerang, hujan meluas hingga ke wilayah Tigaraksa, Mauk, Balaraja, Kresek, Pasar Kemis, Sepatan, Sepatan Timur, Cikupa, Panongan, Kelapa Dua dan Sindang Jaya.

Terakhir di Kota Tangerang Selatan, hujan dapat meluas hingga wilayah, Serpong, Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang dan sekitarnya.

Hingga berita ini diturunkan, hujan disertai petir telah mengguyur sebagian wilayah DKI Jakarta, selain itu kondisi tersebut diwarnai dengan pemadam listrik di sejumlah wilayah seperti Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Baca juga: Hujan ringan-sedang incar Jakarta pada Ahad siang
Baca juga: Jakarta diprediksi hujan disertai petir hari Ahad

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020