Total volume lalu lintas yang menuju Jakarta ini naik 36,8 persen jika dibandingkan 'new normal'
Bandung (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) mencatat 160.204 kendaraan kembali menuju Jakarta pada puncak arus balik libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW hingga Sabtu (31/10/2020).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan angka kumulatif tersebut berasal dari sejumlah gerbang tol (GT) yaitu Cikampek Utama dan Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

"Total volume lalu lintas yang menuju Jakarta ini naik 36,8 persen jika dibandingkan lalin new normal," katanya dalam keterangannya yang diterima di Bandung, Jawa Barat, Minggu.

Baca juga: Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sempat di "contraflow"

Dia menyampaikan, untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 53,2 persen dari arah timur, 25,4 persen dari arah barat dan 21,4 persen dari arah selatan.

Adapun rincian total lalu lintas kendaraan di jalan tol dari arah timur melalui GT Cikampek Utama 2 dan GT Kalihurip Utama 2 berjumlah 85.187 kendaraan, naik sebesar 57,1 persen dari hari biasanya pada masa normal baru.

Kemudian, untuk dari arah barat melalui GT Cikupa, Jalan Tol Tangerang-Merak, ada sebanyak 40.654 kendaraan, naik sebesar 13,7 persen dari hari biasanya pada masa normal baru.

Sementara itu, untuk dari arah selatan yang melalui GT Ciawi, Tol Jagorawi, ada sebanyak 34.363 kendaraan, naik sebesar 26,9 persen dari hari biasanya pada masa normal baru.

Untuk itu, dia mengimbau kepada pengendara pengguna jalan tol agar mempersiapkan kendaraannya seoptimal mungkin dalam keadaan prima untuk menghindari gangguan lalu lintas.

Selain itu, ia juga meminta pengendara dan penumpang agar mematuhi protokol kesehatan pandemi COVID-19 ini khususnya di tempat istirahat.

"Isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," kata Dwimawan.

Baca juga: Arus lalulintas jalan Tol Cipali meningkat selama libur panjang
Baca juga: 254.673 kendaraan tinggalkan Jakarta lewat Cikampek pada libur panjang

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020