Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memuji infrastruktur dan potensi Lampung yang maju pesat disebabkan adanya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

"Saya bangga dan sangat tertarik dengan Lampung karena banyak potensi di sini yang terdistribusi dengan cepat apalagi dengan adanya jalan tol yang sudah dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, ini yang sangat penting," kata Gubernur Rusli Habibie, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan, berkaca dari Lampung, pihaknya pun memiliki impian agar Sulawesi juga memiliki Jalan tol yang menghubungkan provinsi dan daerah yang berada di pulau tersebut.

Baca juga: Gubernur Gorontalo jajaki kerja sama dengan Lampung

"Saya sudah membicarakan kepada Gubernur se-Sulawesi bagaimana kita juga dapat memiliki jalan tol seperti Sumatera karena ini sangat penting untuk memperlancar jalur distribusi potensi daerah," kata dia.

Menurutnya, hal tersebut harus bisa diperjuangkan oleh semua Kepala Daerah di Sulawesi apalagi saat ini fokus Pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin membangun infrastruktur dalam lima tahun ke depan.

"Ini harus dimanfaatkan karena bila sudah ganti pemimpin konsepnya akan berubah lagi, sebab infrastruktur ini memang sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi Gorontalo," kata dia.

Baca juga: Gubernur: Tol TransSumatera membawa dampak ekonomi dan sosial

Ia mengatakan bahwa infrastruktur di Gorontalo saat ini sangat minim sehingga menyulitkan investor dari dalam dan luar negeri menaruh modal di sana, kemudian distribusi barang ke luar provinsi juga lamban.

"Kita hanya memiliki tol laut untuk mempercepat alur distribusi barang dan membantu pembangunan infrastruktur daerah, ini saja manfaatnya sudah sangat terasa bagi masyarakat Gorontalo, apalagi bila ada jalan tol akses distribusi potensi daerah akan lebih cepat lagi," kata dia.

Sebelumnya, dalam kunjungan ke Provinsi Lampung Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Sabtu (31/10) menjajaki kerja sama dua daerah yakni antara Lampung dan Gorontalo.

Baca juga: HK bagikan masker dan handsanitizer di rest area 20B tol ruas Bakter
Baca juga: Hutama Karya sediakan tim kesehatan di rest area tol ruas Terpeka
Baca juga: HK bagikan masker di "rest area" 87 B untuk tekan penyebaran COVID-19


 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020