Korlantas Polri: Tidak ada kejadian menonjol selama arus mudik-balik

Korlantas Polri: Tidak ada kejadian menonjol selama arus mudik-balik

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono (tengah) bersama Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan (kanan) dan Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy (kiri) berpatroli hingga Senin (2/11) dini hari menyusuri ruas tol Jakarta - Cikampek demi memastikan kelancaran arus lalu lintas. (ANTARA/ HO-NTMC Polri)

Jakarta (ANTARA) - Sejauh ini arus mudik dan arus balik libur panjang peringatan Maulid Nabi tidak ada hal maupun kejadian yang menonjol, Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan, Senin.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono turun langsung berpatroli hingga Senin (2/11) dini hari menyusuri ruas tol Jakarta - Cikampek demi memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Kakorlantas Istiono didampingi Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan menyempatkan melakukan pantauan melalui CCTV dan menerima laporan mengenai situasi lalu lintas terkini arus balik di pos pengamanan libur panjang KM 29 ex GT Cikarang Utama 1 oleh Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dan di pos pengamanan rest area KM 62 Tol Cikampek arah Jakarta oleh Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy.

Baca juga: Korlantas Polri prediksi arus balik libur panjang Sabtu dan Minggu

"Hingga dini hari ini masih menjadi puncak arus balik. Kami melihat arus kendaraan masih cukup deras dan ini utamanya arus dari Jawa Tengah," kata Kabagops Rudi dalam keterangannya di Jakarta.

Kabagops menjelaskan pantauan dari gerbang Tol Cikampek Utama masih cukup deras. Sedangkan arus kendaraan yang melintas melalui gerbang Tol Kalihurip dari Cipularang, Cileunyi, Bandung sudah sepi.

"Sejak siang sudah diberlakukan contraflow dari KM 61 hingga KM 47 arah Jakarta. Namun pada pukul 19.00 WIB, arus dari Cikatama (Cikampek Utama) cukup deras sehingga contraflow kami perpanjang," katanya.

Baca juga: Korlantas sebut arus kendaraan keluar Jakarta naik hingga dini hari

Selain menyiapkan contraflow, Rudi menambahkan bila arus kendaraan belum terurai, pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi lain, yakni dengan memperpanjang jarak contraflow hingga KM 28 serta mengatur rest area untuk buka tutup setiap dua jam sekali tergantung situasional arus kendaraan.

"Sekarang situasi terpantau padat namun bergerak lancar. Dan di Cikampek Utama sudah tidak ada antrean lagi. Mudah-mudahan sampai pagi sudah lancar semua karena besok masyarakat sudah memulai aktivitas kembali," tutur Rudi.

Baca juga: Arus balik di Tol Japek Sabtu-Minggu ramai lancar
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020