Jakarta (ANTARA) - Google Meet telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna desktop untuk mengubah latar belakang mereka selama panggilan video.

Platform tersebut, dikutip dari laman Gadget 360, memperkenalkan sekumpulan gambar default yang dapat digunakan oleh penelpon video untuk mengubah latar belakang, termasuk ruang kantor, lanskap dan latar belakang abstrak.

Google juga menawarkan opsi untuk mengunggah gambar pengguna sebagai latar belakang, yang sedang diluncurkan untuk pengguna desktop secara bertahap. Fitur tersebut telah diluncurkan sebelumnya oleh kompetitornya, Zoom, dan bahkan Skype memperkenalkannya awal tahun ini.

Dalam pengumuman fitur baru, raksasa mesin pencari itu mengatakan bahwa fitur latar belakang tersebut akan berfungsi di ChromeOS dan di browser Chrome pada perangkat dekstop Windows dan Mac.

Baca juga: Google guyur Rp11,7 miliar berantas hoaks di Indonesia

Baca juga: Google Lens mungkinkan pengguna belajar hingga belanja dengan visual


Pengguna tidak memerlukan ekstensi atau perangkat lunak tambahan apa pun menjalankan fitur tersebut. Sementara, pengguna aplikasi seluler Google Meet diharapkan mendapatkan fitur tersebut dalam waktu dekat.

Google mengatakan kemungkinan diperlukan waktu hingga tujuh hari bagi perangkat yang memenuhi syarat untuk melihat fitur ini.

Fitur latar belakang yang dapat dikustom itu diluncurkan untuk Google Meet Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Enterprise for Education, dan pelanggan nirlaba serta pengguna dengan akun Google pribadi.

Namun, fungsi latar belakang dikustom tidak tersedia untuk peserta rapat yang diselenggarakan oleh pelanggan pendidikan.

Fitur pengubah latar belakang tersebut dimatikan secara default dan perlu diaktifkan oleh pengguna. Google juga mengatakan bahwa mengubah latar belakang dapat memperlambat perangkat.

Untuk mengubah latar belakang di Google Meet pada Windows dan Mac, pengguna dapat membuka Google Meet, lalu memilih rapat, kemudian mengubah latar belakang.

Untuk mengubah latar belakang selama panggilan video, klik pada opsi lainnya (tiga titik) di sudut kanan bawah dan kemudian klik Ubah Latar Belakang. Kamera akan dihidupkan secara otomatis saat opsi tersebut dipilih.

Sementara, untuk memilih latar belakang pra-upload, pengguna dapat memilih salah satu dari opsi yang terdaftar. Untuk mengupload gambar sendiri menjadi background, klik Add.

Baca juga: Google tambah fitur baru untuk aplikasi Pesan

Baca juga: Apple siapkan pesaing Google Search

Baca juga: Google Indonesia bersiap dukung Pilkada bebas hoaks

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020