Semoga menjadi semangat bersama untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menginginkan agar kenaikan Purchasing Managers’ Index(PMI) manufaktur Indonesia pada Oktober 220 menjadi pendorong dalam pemulihan ekonomi RI dari dampak pandemi COVID-19.

“Walaupun terjadi kenaikan tipis, masih menunjukkan kepercayaan yang tinggi dari para pelaku industri. Semoga menjadi semangat bersama untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional,” kata Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Diketahui, industri manufaktur Tanah Air perlahan mulai bangkit kembali di tengah tekanan berat akibat dampak pandemi COVID-19 yang tercermin dari PMI manufaktur Indonesia bulan Oktober yang menembus level 47,8 atau naik dibanding capaian pada September yang menempati posisi 47,2 sebagaimana dilansir oleh IHS Markit.

Menperin menilai, peningkatan PMI manufaktur Indonesia pada awal kuartal IV tahun 2020 ini juga sebagai sinyal positif terhadap performa ekonomi yang kian bergairah.

Baca juga: PMI manufaktur RI naik tipis, Menperin: Kepercayaan tetap tinggi

“Sektor manufaktur memang cukup terpengaruh oleh penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh di beberapa daerah,” ungkap Menperin.

Oleh karena itu Menperin memberikan apresiasi kepada sejumlah pemerintah daerah yang telah melakukan pelonggaran PSBB di wilayahnya. Selain mampu menunjang aktivitas sektor industri, upaya tersebut menandakan bahwa penyebaran Virus Corona sudah dapat ditekan.

“Kami bertekad menjaga roda perekonomian terus berputar dengan menjamin keberlangsungan operasi dan mobilitas kegiatan industri, namun dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Melalui Izin Operasional Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI), Kemenperin optimistis, kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi serta mencegah PHK dalam jumlah yang masif,” papar Menperin.

Menperin menambahkan upaya menaikkan daya beli masyarakat juga menjadi sangat penting karena bisa meningkatkan kepercayaan diri dari para pelaku industri untuk ekspansi.

Baca juga: Menperin gembira, PMI manufaktur RI tembus level ekspansif

“November dan Desember bisa dijadikan acuan apakah recovery benar-benar terjadi,” ujar Menperin.

Menurut Menperin, turunnya PMI September ketimbang bulan sebelumnya disebabkan industri yang tadinya melakukan ekspansi menjadi bersikap wait and see dan lebih hati-hati. Hal ini dinilai dapat berpengaruh pada rencana-rencana produksi dan peningkatan utilitasnya.

Kepala Ekonom IHS Markit, Bernard Aw menuturkan penanganan pandemi COVID-19 dan ketersediaan vaksin menjadi kunci peningkatan permintaan pada bulan-bulan berikutnya.

Bernard menyebutkan responden survei melaporkan terjadi kenaikan biaya dalam produksi, sementara perusahaan tidak memiliki ruang untuk menaikkan harga jual seiring dengan melemahnya daya beli.

Baca juga: Menko Airlangga: Daya beli memang masih rendah

Kenaikan harga terjadi pada bahan mentah seperti logam dasar, bahan kimia, plastik, dan beberapa bahan pangan, yang mendorong kenaikan biaya.

"Meski demikian, perusahaan mengurangi harga jual mereka, menandai penurunan pertama pada biaya barang jadi sejak Maret 2020,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menyatakan, kunci utama dalam upaya pemulihan ekonomi nasional adalah penanganan COVID-19.

“Memang tidak mudah, tetapi jika diterapkan lagi PSBB karena kasus kembali meningkat, akan lebih mengkhawatirkan,” tutur Haryadi.

Baca juga: Bahana: Aliran modal asing tertahan, menunggu hasil Pilpres AS

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020