Upaya pencegahan penyebaran COVID-19 pun harus ditingkatkan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai penegasan Pemerintah agar masyarakat tetap berhati-hati dalam menjalankan kegiatan ekonomi, harus diikuti dengan langkah nyata upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dalam kehidupan sehari-hari.

"Kondisi ekonomi nasional saat ini memang memerlukan dorongan kegiatan ekonomi, agar kita bisa lepas dari jeratan resesi. Konsekuensi dari kebijakan itu upaya pencegahan penyebaran COVID-19 pun harus ditingkatkan," kata Lestari Moerdijat atau Rerie dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa.

Menurut Lestari, hal terpenting dalam peningkatan kegiatan ekonomi di masa pandemi adalah terlebih dulu meningkatkan upaya pencegahan COVID-19 di tengah masyarakat.

Rerie menilai penerapan protokol kesehatan COVID-19, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak harus masuk dalam rangkaian kegiatan ekonomi yang akan diakselerasi.

Dia mengungkapkan bahwa Pemerintah telah mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2020 akan minus sekitar 3 persen, setelah pada kuartal II juga minus 5,32 persen.

"Kondisi ekonomi tersebut memang memerlukan dorongan kegiatan ekonomi yang siginifikan," ujarnya pula.

Menurut Rerie, tren penularan dan kesembuhan pasien COVID-19 saat ini menunjukkan perkembangan positif dalam sebulan terakhir.

Dia mengatakan, pekan lalu tingkat kesembuhannya 80,51 persen dan pekan ini tercatat 82,84 persen.

Namun, dia menilai yang terpenting upaya penanggulangan COVID-19 saat ini jangan terlena dan jangan sampai kendor.

Semua pihak, menurut Rerie, harus disadarkan bahwa ancaman Virus Corona belum berakhir, bahkan ada kemungkinan bakal muncul gelombang kedua seperti yang terjadi di beberapa negara Eropa.
Baca juga: 21.411 pasien COVID-19 di Wisma Atlet sembuh

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020