Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 26 pemain muda lolos seleksi tim Garuda Select jilid III yang diselenggarakan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 27 Oktober hingga 3 November.

Dikutip dalam laman resmi PSSI di Jakarta, Rabu, 26 pemain tersebut akan masuk dalam daftar pemain yang menunggu terpilih berangkat ke Inggris untuk menjalani program pemusatan latihan.

"Selama beberapa hari ini semua berjalan fantastis, saya dan tim banyak melihat talenta-talenta berbakat pemain muda sepak bola Indonesia, saya sudah tak sabar ingin melatih mereka berikutnya di Inggris," ujar Direktur Sepak bola Garuda Select, Dennis Wise.

Baca juga: PSSI mulai seleksi pemain untuk skuat Garuda Select jilid III
Baca juga: PSSI ingin pemain Indonesia banyak yang berkarier di luar negeri


Rencananya, manajemen Garuda Select akan melaporkan hasil seleksi sebelum final ini ke PSSI. Jumlah pemain yang akan berangkat ke Inggris akan ditentukan dalam satu pekan mendatang.

"Kami akan rapat terlebih dahulu, untuk menentukan pemain-pemain yang akan terpilih," katanya.

Sementara itu, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan nama-nama pemain yang dilaporkan Dennis Wise nantinya bakal diteliti lebih lanjut oleh federasi, seperti kesehatan hingga kelengkapan dokumen.

"Tentu akan kami teliti lebih dahulu kesiapan pemain, mulai dari kesehatan sampai kelengkapan dokumen yang menjadi pegangan mereka selama disana, mungkin nanti kalau sudah selesai, nama-namanya akan kami umumkan," kata Indra.

Menurutnya, seleksi tim Garuda Select ini menjadi solusi perihal regenerasi pemain muda. Apalagi kompetisi di Indonesia tengah menjalani masa vakum imbas dari penularan COVID-19 yang masih belum terkendali.

Sementara itu, Plt Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu jawaban dari tantangan sepakbola Indonesia di masa pandemi. Belum adanya kompetisi, PSSI mau tak mau mesti berinovasi dalam mencari bibit muda potensial.

"Apa yang dilakukan beberapa hari ini muaranya untuk menciptakan calon-calon pemain Timnas Indonesia yang kuat di masa mendatang," katanya.

Baca juga: Menpora harap program Garuda Select bisa terus berlanjut
Baca juga: Barito Putera bujuk Bagus Kahfi tetap bertahan
Baca juga: Hasrat Bagus Kahfi wujudkan mimpi bermain di Eropa

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020